Gol ke Gawang Timnas Indonesia Jadi Nomine Terbaik Piala AFF

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 13:27 WIB
Gol ke Gawang Timnas Indonesia Jadi Nomine Terbaik Piala AFF Hariss Harun (kedua dari kanan) bersama Timnas Singapura dalam sesi foto sebelum pertandingan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gol gelandang Singapura Hariss Harun ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal Andritany Ardhyasa menjadi salah satu nomine gol terbaik pada pekan pertama Piala AFF 2018.

Gol yang jadi pembeda dalam laga antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11), tercipta pada menit ke-37.

Gol tersebut diawali pergerakan bola Gabriel Quak di sayap kanan yang kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Bola yang dihalau I Putu Gede Juni Antara bergulir ke area bebas yang dikuasai Harun tanpa pengawalan.


Sepakan kaki kanan pemain 27 tahun yang mengarah ke sisi kanan gawang tidak mampu dijangkau Andritany Ardhyasa.

Gol Harun bersaing dengan gol lain yang tercipta dari tiga laga berbeda, seperti tendangan bebas pemain Vietnam Nguyen Quang Hai ke gawang Laos, gol Norshahrul Idlan Talaha yang menjadi gol penentu kemenangan Malaysia atas Kamboja, dan salah satu gol bomber Thailand Adisak Kraisorn ke gawang Timor Leste.

Irfan Jaya terperangkap offside dalam upaya mencetak gol balasan Timnas Indonesia ke gawang Singapura.Irfan Jaya terperangkap offside dalam upaya mencetak gol balasan Timnas Indonesia ke gawang Singapura. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Selain menjadi nomine gol terbaik pada pekan pertama, Harun juga menjadi kandidat pemain terbaik pada matchday pertama.

Situs resmi Piala AFF 2018 menyebut Harun mencetak gol penting bagi Singapura yang gagal meraih kemenangan dalam Piala AFF dua tahun lalu.

Dalam perebutan suara pemain terbaik, Harun kembali bersaing dengan Kraisorn yang mencetak enam dari tujuh gol Thailand ke gawang Timor Leste. Selain itu pemain Vietnam Nguyen Chong Puong, dan penyerang Malaysia Zaquan Adha juga masuk dalam daftar calon pemain terbaik di matchday pertama Piala AFF.

Setelah meraih kemenangan atas Timnas Indonesia, Harun dan Singapura kalah dari Filipina pada laga kedua yang berlangsung di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina. (nva/ptr)