Riko: Timnas Indonesia Tak Boleh Gentar Lawan Thailand

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 15:38 WIB
Riko: Timnas Indonesia Tak Boleh Gentar Lawan Thailand Riko Simanjuntak bertekad tampil percaya diri saat menghadapi Thailand. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain sayap Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, menyatakan skuat Garuda harus tampil penuh rasa percaya diri jelang laga melawan Thailand pada penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11).

Riko yakin Timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan sengit untuk Thailand. Ia tidak ingin Skuat Garuda justru kalah sebelum bertanding.

"Jadi tidak usah berpikir takut kalah, yang penting kita pede [percaya diri] saja, optimistis saja. Kami percaya diri kami punya tim yang bagus, kami punya semangat juang yang tinggi, itu yang harus kami tanamkan," kata Riko kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/11).


Tekanan dan beban diakui Riko hadir saat menghadapi Thailand yang berstatus juara bertahan di Piala AFF. Terlebih, Tim Gajah Perang sudah membungkam Timor Leste 7-0 pada laga perdana mereka.

Riko Simanjuntak berharap Timnas Indonesia bertarung dengan penuh percaya diri saat menghadapi Thailand.Riko Simanjuntak berharap Timnas Indonesia bertarung dengan penuh percaya diri saat menghadapi Thailand. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Thailand tim bagus punya strategi bagus, banyak pemain muda. Kami juga sudah lihat video mereka lawan Timor Leste. Kami tidak bisa mengelak (dari kenyataan) mereka bagus, tapi kami juga punya semangat juang yang bagus. Di lapangan kan, kami sama-sama mulai dari 0-0, jadi semua bisa terjadi."

"Walau main di kandang mereka, kami harus optimistis dari awal, jangan takut gagal, kami harus optimistis apapun hasilnya. Yang penting kerja keras dulu di lapangan semangat dan berpikir positif, mental kami harus kuat," ucap winger Persija Jakarta itu menjelaskan.
Timnas Indonesia sempat kesulitan saat menghadapi Timor Leste.Timnas Indonesia sempat kesulitan saat menghadapi Timor Leste. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat ini, lanjut Riko, kondisi tim sangat cair dan sangat terasa kekeluargan. Pemain asal Sumatera Utara ini mengaku semua pemain di Timnas Indonesia kompak dan tidak ada jarak antara junior, senior bahkan dengan staf pelatih.

Sebagai pemain ia paham betul keinginan masyarakat dan ingin membuktikan penampilan terbaik buat negara.

"Buat suporter, buat semua pendukung timnas, kita harus optimistis, harus kasih dukungan full yang positif. Kami di sini berjuang enggak mau kalah, kami mau menang juga," ujar Riko. (ptr)