5 Pebalap yang Bakal Hengkang dari MotoGP

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 14:15 WIB
5 Pebalap yang Bakal Hengkang dari MotoGP Dani Pedrosa akan meninggalkan MotoGP di akhir musim. (AFP PHOTO / Mohd RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembalap asal Spanyol, Dani Pedrosa, mengungkapkan dirinya akan pensiun pada akhir musim nanti. Selain Pedrosa, ada empat pembalap MotoGP lainnya yang memutuskan undur diri dari balapan MotoGP 2019.

Ajang balapan MotoGP 2018, akan segera berakhir pada seri balap MotoGP Valencia di sirkuit Ricardo Tormo akhir pekan ini, Minggu (18/11). Beberapa pembalap akan menjalani balapan terakhirnya di seri balap kasta tertinggi MotoGP.

Pembalap terkenal asal Spanyol, Dani Pedrosa, menjadi salah satu pembalap yang akan meninggalkan MotoGP. Pedrosa merupakan salah satu pembalap papan atas dalam satu dekade terakhir.


Berikut lima pembalap yang memutuskan keluar dari MotoGP:

1. Dani Pedrosa

Pembalap asal tim Honda ini memutuskan untuk pensiun pada akhir musim nanti. Pedrosa mengakui dirinya kesulitan beradaptasi mengendarai motor Honda di MotoGP 2018. Honda juga tidak memperpanjang kontrak pembalap 32 tahun itu. Tim pabrikan asal Jepang tersebut telah menunjuk Jorge Lorenzo sebagai penggantinya pada musim depan.

2. Thomas Luthi

Thomas Luthi memutuskan untuk kembali ke dunia Moto2 setelah menerima pinangan dari Tim Dynavolt Intact. Berhentinya Luthi dari dunia MotoGP, karena dirinya merasa kesulitan bersaing dan beradaptasi.

Pada musim ini, Luthi bergabung dengan tim Marc VDS dan tidak bisa tampil menggigit. Luthi bahkan belum pernah meraih poin musim ini.
Thomas Luthi akan kembali tampil di Moto2 musim depan.Thomas Luthi akan kembali tampil di Moto2 musim depan. (CNN Indonesia/Dika Kardi)

3. Alvaro Bautista

Mantan juara kelas 125cc asal Spanyol ini, memutuskan hengkang dari ajang MotoGP pada akhir musim ini. Hal ini terjadi setelah Tim Angel Nieto yang dibelanya, berubah menjadi Petronas Sprinta Yamaha Racing dan menjadikan Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo sebagai pembalapnya.

Bautista mengaku tidak menyesal meninggalkan MotoGP disaat kariernya sedang mulai menanjak. Bautista akan tampil bersama Ducati pada ajang Superbike World Championship musim depan. Bautista percaya Ducati adalah motor yang tepat untuk meraih kemenangan.

4. Xavier Simeon

Meski berhasil mewujudkan impian untuk membalap di MotoGP, Simeon gagal bersaing dan berprestasi pada balap kasta tertinggi tersebut. Pembalap tim Ducati ini, hanya mampu finis di urutan ke-17 pada seri balap Malaysia lalu dan menempati urutan ke peringkat 26 hingga pekan ke-18. Xavier akan pindah ke ajang Moto E pada musim depan bersama tim Avintia Racing.

Bradley Smith bakal menjajal Moto E World Championship musim depan.Bradley Smith bakal menjajal Moto E World Championship musim depan. (AFP PHOTO / Karim JAAFAR)

5. Bradley Smith

Pembalap asal Inggris, Bradley Smith, juga memutuskan untuk pindah ke ajang Moto E World Championship. Bradley kini menempati peringkat ke-19 klasemen MotoGP. Bradley menyatakan dirinya akan berusaha untuk belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru tersebut. Bradley akan membalap Moto E bersama SIC Racing Team pada musim depan. (ptr/sry)


BACA JUGA