Gantikan Lorenzo, Petrucci Bakal Penuh Tekanan di Ducati

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 20:55 WIB
Gantikan Lorenzo, Petrucci Bakal Penuh Tekanan di Ducati Petrucci dituntut meraih banyak podium di MotoGP 2019. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti mengatakan Danilo Petrucci harus membuktikan diri dia pantas untuk menggantikan Jorge Lorenzo pada musim MotoGP 2019.

Petrucci yang musim ini membalap untuk Pramac terpilih untuk menjadi rekan Andrea Dovizioso di tim Ducati karena Lorenzo bakal pindah ke Honda musim depan. Ciabatti membenarkan kontrak setahun Petrucci bakal menjadi tekanan tersendiri bagi pebalap berusia 28 tahun tersebut.

"Balapan untuk sebuah tim ofisial berarti penuh tekanan, baik dari media maupun sponsor. Dia harus menunjukkan bahwa dia mampu untuk sering meraih podium. Danilo harus melihat musim depan sebagai kesempatan sekali seumur hidup," kata Ciabatti seperti yang dikutip dari Autosport pada Jumat (16/11).


Sebelum masuk MotoGP, Petrucci tidak balapan untuk Moto3 atau Moto2 melainkan Piala FIM Superstock 1.000. Ia bergabung ke MotoGP pada 2012 dengan memperkuat tim Came LodaRacing Project.

"Rekam jejak karier dia sangat berbeda, dan kami percaya dia layak mendapat kesempatan. Akan tetapi, dia harus menunjukkan pada kami bahwa keputusan yang kami buat adalah tepat," ucap Ciabatti.

Petrucci bakal jadi rekan Andrea Dovizioso di MotoGP 2019.Petrucci bakal jadi rekan Andrea Dovizioso di MotoGP 2019. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
"Memang, kontrak dua tahun akan memberikan dia semacam pikiran yang tenang. Namun Ducati harus yakin bahwa dua pebalapnya mampu untuk memenangkan balapan. Itulah kenapa, saya pikir satu [tahun] kontrak dulu untuk Petrucci adalah opsi yang paling pantas saat ini," ucapnya melanjutkan.

Saat ini Petrucci berada di peringkat kedelapan dalam klasemen sementara dengan perolehan 144 poin. Ia terpaut 177 poin dari pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang juara MotoGP musim ini.

Seri balapan terakhir MotoGP 2018 bakal berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu (18/11). (map/sry)


BACA JUGA