LAPORAN DARI THAILAND

Rizky dan Andik Bicara Kekuatan Baru Thailand di Piala AFF

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 20:11 WIB
Rizky dan Andik Bicara Kekuatan Baru Thailand di Piala AFF Timnas Indonesia anggap kekuatan Thailand di Piala AFF 2018 berbeda dengan dua tahun lalu. (Thananuwat Srirasant/Lagardere Sport)
Bangkok, CNN Indonesia -- Dua pemain senior Timnas Indonesia, Rizky Rizaldi Pora dan Andik Vermansah, berbicara perbedaan kekuatan Thailand jelang pertandingan ketiga di Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11).

Rizky Pora dan Andik Vermansah adalah dua pemain yang pernah menghadapi Thailand di Piala AFF 2016. Kala itu, skuat Garuda tiga kali bertemu tim Gajah Perang dengan catatan satu kemenangan.

Di Piala AFF 2016 Timnas Indonesia menelan kekalahan 2-4 pada laga perdana di fase grup lawan Thailand. Namun, keduanya kembali bertemu di laga final dengan sistem dua leg.


Di leg pertama, Timnas Indonesia sukses menaklukkan Thailand di Stadion Pakansari dengan skor 2-1. Sayang, Andik dan kawan-kawan dipaksa menyerah 0-2 pada leg kedua yang digelar di Stadion Rajamangala.

"Kalau dari materi sekarang mereka banyak yang baru dan rata-rata pemain muda. Dengan pelatih baru, tim pun pasti berbeda," kata Rizky Pora kepada CNNIndonesia.com, Jumat (16/11).

Timnas Thailand di bawah kendali Milovan Rajeva membawa wajah baru. Bahkan bomber senior macam Teerasil Dangda tidak dimasukkan ke dalam tim Thailand di Piala AFF 2018.

Kendati demikian, tim Gajah Perang kini memiliki Adisak Kraisorn yang memborong enam gol saat Thailand melumat Timor Leste dengan skor 7-0 di pertandingan pertama.

Adisak Kraison jadi andalan baru Timnas Thailand.Adisak Kraison jadi andalan baru Timnas Thailand. (ED JONES / AFP)
"Sejumlah pemain bintang yang kemarin [Piala AFF 2016] juga sudah tidak ada, seperti Teerasil Dangda. Tapi, mereka juga tak bisa dipandang remeh dan harus kita antisipasi, karena kita tahu mereka main bagus juga punya kualitas. Malah sekarang tidak bisa ditebak kekuatannya," ujar Rizky Pora

Sementara itu, Andik mengakui ada perbedaan komposisi pemain yang mencolok di skuat Thailand kali ini. Namun, secara keseluruhan kualitas tim lawan dianggap tak jauh berbeda dari dua tahun lalu.

"Sebenarnya kekuatan hampir sama. Hanya saja sekarang banyak dihuni pemain muda yang punya kelebihan dan juga kekurangan. Dalam arti kita semua sudah sama-sama tahu kekuatan masing-masing," terang Andik.

"Yang pasti kami ingin curi poin di sini dan jangan sampai kalah karena pertandingan ini penting sekali untuk menjaga peluang ke babak selanjutnya," tambah Andik.

Timnas Indonesia kini berada di peringkat kedua dengan raihan tiga poin usai mengalahkan Timor Leste 3-1 dan kalah 0-1 dari Singapura. Hasil positif menjadi misi yang wajib didapat tim Merah Putih demi menjaga asa lolos dari fase grup. (jun/sry)