Witan Disebut Berpotensi Susul Egy Maulana ke Klub Eropa

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 16:50 WIB
Witan Disebut Berpotensi Susul Egy Maulana ke Klub Eropa Witan Sulaeman disebut Isnanta amat berpotensi menyusul Egy Maulana Vikri merumput di klub Eropa. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menyebut mantan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia U-19 2018, Witan Sulaeman, berpotensi menyusul Egy Maulana Vikri untuk berkarier di Eropa.

Sama-sama berstatus murid di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, Egy dan Witan sama-sama dilirik klub di Eropa. Bedanya, usia Egy terpaut satu tahun lebih tua dari Witan yang saat ini masih duduk di kelas III SKO Ragunan.

"Sejak tahun lalu juga sudah banyak lamaran-lamaran [buat Witan] ke sana [Eropa]. Waktu itu bedanya dengan Egy, saya tunggu Egy sampai dia lulus dan kalau Witan sekarang siap menunggu [tawaran]," kata Isnanta.

"Dia [Witan] mau ke sana [Eropa]. Dulu malah dia maunya satu klub dengan Egy. Tapi sekarang dia sudah mulai dewasa, mulai mengambil sikap sendiri."


Witan Disebut Berpotensi Susul Egy Maulana ke Klub EropaWitan Sulaiman disebut berpotensi menyusul Egy Maulana Vikri ke klub di Eropa. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Isnanta mengakui banyak klub di Eropa yang tertarik pada permainan sepak bola Witan. Namun, Isnanta tidak bisa menyebutkan klub-klub mana saja yang mengaku tertarik merekrut Witan.

Beberapa agen disebut Isnanta kebanyakan melihat video permainan Witan melalui internet. Selain agen, ada juga perwakilan klub dan pencari bakat sampai pelatih yang menyampaikan ketertatikannya pada Witan, termasuk dari klub di Asia.

"Belum ada yang formal, jadi saya tidak bisa menyampaikan karena semuanya baru lewat komunikasi informal bukan tertulis. Saya takut keliru," ujarnya.

Jika resmi bergabung dengan klub di Eropa, Isnanta berharap prosedur yang dilakukan Witan sama dengan Egy. Artinya, lanjut Isnanta, Witan tidak akan memilih klub yang memintanya untuk tes, tapi klub yang bisa memberikan Witan kesempatan untuk tampil di skuat utama.

Saat ini, Witan masih harus menunggu sekolahnya selesai di SKO Ragunan. Namun sebelum lulus, pihak Kemenpora bakal melakukan pendekatan kepada internasional.

"Jadi kami tidak perlu khawatir peluang tersebut bisa lepas. Tahun depan kita promosikan Witan ke Eropa. Iya kalau dari kami dan dia juga oke akan kami promosikan ke Eropa dan yang minat sudah ada," imbuh Isnanta. (TTF/bac)