Laporan dari Thailand

Persahabatan Erat Suporter Timnas Indonesia dan Thailand

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 17:51 WIB
Persahabatan Erat Suporter Timnas Indonesia dan Thailand Sejumlah suporter Timnas Indonesia dan Thailand memiliki hubungan yang cukup erat. (CNN Indonesia/Jun Mahares)
Bangkok, CNN Indonesia -- Aroma persahabatan antar suporter Timnas Indonesia dan Thailand tampak erat jelang pertandingan di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11), di Piala AFF 2018.

Suporter tuan rumah yang mendominasi pelataran stadion menyambut baik setiap suporter Indonesia yang melintas. Bahkan mereka tak segan mengajak pendukung Indonesia untuk bergabung dan bernyanyi bersama.

Ari Pandiono, suporter Indonesia asal Malang misalnya. Ia sudah memiliki kenalan sengan suporter Thailand. Ia bahkan dijemput di Bandara Don Mueang saat tiba di Bangkok.


"Saya kenal dengan mereka sejak Piala AFF 2016. Kami sering berkomunikasi dan tukar informasi. Ketika mereka datang ke Indonesia saya sambut dan begitu juga sebaliknya," kata Pandiono yang tergabung dalam komunitas Ultras Garuda.

Para suporter Timnas Indonesia banyak bersahabat dengan para pendukung timnas Thailand. (Para suporter Timnas Indonesia banyak bersahabat dengan para pendukung timnas Thailand. (CNN Indonesia/Jun Mahares)
Pandion berangkat ke Thailand bersama belasan rombongan lainnya. "Ada yang dari Solo dan beberapa daerah lainnya. Yang pasti kami sangat senang kalau bertemu dengan suporter Thailand yang sangat bersahabat.

Sejumlah mahasiswa Indonesia di Thailand juga tak mau melewatkan menyaksikan pertandingan Thailand vs Timnas Indonesia. Mereka ikut dalam rombongan suporter Merah Putih yang datang jauh-jauh dari Indonesia.

"Ini pertama kalinya saya nonton Timnas Indonesia di Rajamangala. Suporter Thailand sangat bersahabat ke kami. Tidak ada tekanan sejak kami berangkat meski sudah pakai baju Indonesia," ujar Fitri Nasution, mahasiswa Semester 1 Universitas Kasetsart. (jun/bac)