Cedera Bahu Tak Hentikan Marquez Jalani MotoGP Valencia 2018

CNN Indonesia | Minggu, 18/11/2018 09:35 WIB
Cedera Bahu Tak Hentikan Marquez Jalani MotoGP Valencia 2018 Marc Marquez merasa cedera bahu yang dialami harus disembuhkan dengan operasi. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez merasa tidak berada dalam kondisi 100 persen jelang balapan MotoGP Valencia 2018 karena masalah bahu yang sudah dirasakan sejak beberapa waktu lalu.

Marquez sempat mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi dan mengalami masalah pada bahu, namun penguasa MotoGP dalam enam terakhir itu masih kuasa menyelesaikan penentuan posisi start yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (17/11).

Kecelakaan di sesi kualifikasi MotoGP Valencia 2018 bukan penyebab utama cedera bahu Marquez lantaran kondisi badan bagian antara leher dan pangkal lengannya memang sudah dirasa bermasalah.

"Saya tahu sejak di Motegi bahu saya tidak beres. Pekan lalu saya mengalami masalah bahu [saat latihan] dan saya tidak 100 persen. Hari ini saya tidak beruntung karena saya tidak sedang berusaha memacu motor dengan kecepatan tinggi, mungkin karena ban tidak dalam temperatur yang pas," terang Marquez dikutip dari Crash.


Marc Marquez menjalani MotoGP Malaysia dengan gangguan cedera bahu.Marc Marquez menjalani MotoGP Malaysia 2018 dengan gangguan cedera bahu. (REUTERS/Lai Seng Sin)
"Saya tidak dapat mengendalikan ban depan dan saat saya jatuh di pinggir lintasan saya merasa ada yang aneh dengan bahu saya. Berbeda dengan di Jepang karena ketika itu ada teman yang membantu saya dan hari ini saya merasakan sesuatu yang berbeda, kemudian saya mencoba bergerak dan merasa ada suara 'krak' tapi ya sudahlah," sambungnya.

Marquez menilai mengalami dislokasi bahu sebagian karena masih bisa kembali beraktivitas dan memacu motor meski masih merasakan sakit.

Dengan menahan sakit, Marquez menyelesaikan sesi kualifikasi dengan menempati posisi kelima. Hasil tersebut membuat pebalap Repsol Honda itu sangat puas.

"Saya rasa ini lebih dari yang saya harapkan karena saya merasakan sakit, tapi yang terpenting adalah saya bisa kembali mengendarai motor, seperti yang kita lihat catatan waktunya cukup cepat," ucap Marquez.

"Sekarang yang paling penting adalah bekerja bersama fisioterapis, tidak akan 100 persen besok, tapi siap untuk membalap. Sejak Motegi masalah itu tidak berhenti. Saya merasa cedera di Phillip Island, Malaysia dan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah operasi," lanjutnya. (nva/jun)


BACA JUGA