Beto Akui Konsentrasi Timnas Indonesia Buyar Usai Dibobol

CNN Indonesia | Minggu, 18/11/2018 05:39 WIB
Penyerang Timnas Indonesia, Beto Goncalves, menilai dua gol Thailand di babak pertama membuyarkan konsentrasi dan mengacaukan rencana dan strategi tim. Timnas Indonesia menelan kekalahan kedua di Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Timnas Indonesia, Beto Goncalves, menilai dua gol Thailand di babak pertama membuyarkan konsentrasi dan mengacaukan rencana dan strategi tim dalam laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11).

Pemain naturalisasi asal Brasil itu menganggap Skuat Garuda mampu bermain apik di awal babak pertama sehingga bisa mencetak gol lebih dulu.

Gol Zulfiandi pada menit ke-29 membuat Timnas Indonesia unggul, tetapi sembilan menit berselang keadaan berubah setelah Korrakot Wiriyaudomsiri melepaskan sepak pojok yang langsung bersarang ke gawang Awan Setho Raharjo.


"Ketika sudah unggul 1-0 kami main bagus. Kami bisa baca permainan mereka. Kami punya peluang besar saat unggul. Tetapi gol mereka itu, sumpah itu bolanya susah. Bola langsung itu sepertinya mereka sedikit beruntung juga. Tadi crossing tapi bola langsung masuk jadi kita langsung drop ditambah gol di akhir babak pertama," kata Beto.

Timnas Indonesia dikalahkan Thailand 2-4 dalam lanjutan fase grup Piala AFF 2014.Timnas Indonesia dikalahkan Thailand 2-4 dalam lanjutan fase grup Piala AFF 2014. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye)
Pada babak kedua Beto mengaku ia dan rekan-rekan berupaya merespons dengan bermain lebih berani keluar menyerang. Namun Thailand berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan koordinasi Timnas Indonesia ketika menguasai bola.

Beto enggan menyalahkan individu dalam proses gol Thailand. Menurut pemain Sriwijaya FC itu, konsentrasi yang hilang membuat Timnas Indonesia tak mampu menyamakan kedudukan dan harus tertinggal lebih jauh.

"Makanya babak kedua kita mencoba menyerang karena tidak mungkin mau kalah. Karena bermain terbuka mereka jadi main lebih leluasa. Kita harus main terbuka untuk mencari gol balasan dan itu membuat konsentrasi hilang karena kita harus main terbuka makanya Awan Setho tadi tidak salah," jelas Beto membantah kiper Timnas Indonesia melakukan kesalahan.

Kekalahan dari Thailand memperburuk posisi Indonesia di klasemen Grup B Piala AFF 2018. Satu kemenangan dari tiga laga dan selisih gol minus satu membuat Timnas Indonesia berada di peringkat keempat, hanya unggul dari Timor Leste yang menelan tiga kekalahan dari tiga laga. (jun/nva)