Inggris Menang Tipis atas Kroasia di UEFA Nations League

CNN Indonesia | Minggu, 18/11/2018 22:56 WIB
Inggris Menang Tipis atas Kroasia di UEFA Nations League Timnas Inggris bangkit dari ketertinggalan ketika menjamu timnas Kroasia. (Reuters/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Inggris meraih kemenangan 2-1 atas timnas Kroasia pada laga terakhir fase grup UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu (18/11).

Timnas Inggris berupaya meraih kemenangan ketika bertanding di hadapan fan. Harry Kane yang menjadi ujung tombak The Three Lions mendapat peluang pada menit ke-12 dan ke-16, tetapi penyelesaian akhir yang kurang tenang dan penampilan Lovre Kalinic membuat peluang tersebut tidak berujung gol.

Kalinic juga mementahkan peluang Ben Chilwell yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-25.


Peluang lain bagi Inggris hadir pada menit ke-40 ketika umpan Chilwell disundul Kane dan jatuh di kaki Ross Barkley. Sepakan voli Barkley hanya menggetarkan jala gawang Kroasia dari luar.

Inggris gagal mengulangi penampilan agresif yang impresif pada babak kedua. Dominasi skuat Saint George's Cross yang menghasilkan pada babak pertema tidak begitu terlihat di babak kedua.

Justru tim tamu berhasil mencetak gol pada menit ke-57. Umpan Nikola Vlasic kepada Andrej Kramaric mampu dituntaskan menjadi gol.

Inggris Menang Tipis atas Kroasia di UEFA Nations LeagueHarry Kane mencetak gol kemenangan timnas Inggris atas Kroasia. (Reuters/John Sibley)
Upaya Kramaric mengutak-atik bola sekaligus berkelit dari kepungan pemain Inggris berakhir dengan sebuah tembakan yang membuat bola sempat mengenai Eric Dier dan bersarang di gawang Jordan Pickford.

Anak asuh Gareth Southgate berupaya menyamakan kedudukan, namun menemukan hambatan ketika masuk ke daerah pertahanan lawan.

Keputusan Southgate memasukkan Jesse Lingard menggantikan Fabian Delph berbuah gol pada menit ke-79. Sebuah kemelut di kotak penalti Kroasia dituntaskan Lingard dari jarak dekat.

Dua menit berselang, Kroasia hampir mencetak gol kedua namun Lingard dan Pickford melakukan penyelamatan.

Memasuki menit ke-85 Inggris membalikkan keadaan. Tendangan bebas Chilwell dituntaskan Kane.

Kemenangan 2-1 atas Kroasia membuat Inggris menjadi pemuncak klasemen Grup 4 dengan tujuh poin, unggul satu poin atas Spanyol. Sementara Kroasia yang berpoin empat dipastikan terdegradasi dalam UEFA Nations League tahun depan.

Susunan pemain inti timnas Inggris:
Jordan Pickford; Kyle Walker, Joe Gomez, John Stones, Ben Chilwell; Ross Barkley, Eric Dier, Fabian Delph; Marcus Rashford, Harry Kane, Raheem Sterling.

Susunan pemain inti timnas Kroasia:
Lovre Kalinic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Tin Jedvaj; Luka Modric, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Nikola Vlasic, Ivan Perisic; Andrej Kramaric. (nva/jun)