5 Catatan Unik Usai MotoGP Valencia

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 18:12 WIB
5 Catatan Unik Usai MotoGP Valencia Berikut lima catatan menarik yang mengiringi MotoGP Valencia Spanyol yang merupakan seri terakhir MotoGP 2018. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang seri balap bergengsi MotoGP 2018 telah berakhir di seri MotoGP Valencia, Spanyol, Minggu (18/11) lalu. Berikut lima catatan menarik MotoGP 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo.

Seri balap ke-19 ini, menutup gelaran seri balap paling bergengsi tersebut.

Berhasil keluar sebagai yang tercepat, Andrea Dovizioso berhasil lolos dari tragedi cuaca ekstrem yang memakan banyak korban pebalap ini. Dovi menang karena dinilai tepat mengambil keputusan untuk memilih ban.


"Dovizioso sangat cepat di lintasan basah, seperti Ducati pada umumnya. Tapi mengganti ban depan [dengan ban lunak, seperti yang saya lakukan] mendatangkan keuntungan besar," ujar Valentino Rossi.

MotoGP Valencia 2018 pada Minggu (18/11) lalu, berlangsung dengan cuaca hujan dan lintasan yang basah. Akibatnya, seri balap diwarnai bendera merah dan sempat dihentikan sementara pada lap ke-13. Sang juara dunia, Marc Marquez, bahkan ikut menjadi korban dalam lintasan basah ini. Pebalap asal Spanyol itu jatuh pada putaran ke sembilan.

Berikut lima fakta menarik MotoGP 2018 di Sirkuit Valencia, Spanyol.

1. Seri Balap Terakhir Dani Pedrosa

Pembalap tim Honda itu menjalani seri balap terakhirnya dalam dunia balap MotoGP dalam seri balap Valencia, Minggu (18/11) lalu. Pedrosa yang melakoni seri balap terakhirnya sukses finis di urutan ke lima.

MotoGP Valencia jadi balapan terakhir Dani Pedrosa di MotoGP. MotoGP Valencia jadi balapan terakhir Dani Pedrosa di MotoGP. (Foto: AFP PHOTO / Jure Makovec)
Terjun ke dunia MotoGP pada 2006, Pedrosa berhasil mematahkan kritik pada tubuhnya yang kecil dan tidak akan cukup kuat menunggangi sang kuda besi. Pedrosa membuktikannya pada musim 2011/2012, dimana dirinya mencapai puncak kariernya dengan sejajar dengan sejumlah pebalap seperti Rossi, Nicky Hayden, Marco Simoncelli, Dovizioso dan Marquez.

Pedrosa mengakui dirinya merasa kesulitan untuk mengendarai motor Honda. Tim pabrikan asal Jepang tersebut juga tidak memperpanjang kontrak pebalap 32 tahun tersebut.


2. Musim Terakhir Jorge Lorenzo Bersama Ducati

Bergabung bersama Ducati sejak 2017, Lorenzo mengumumkan kepindahan ke tim Honda pada 6 Juni 2018 lalu, bergabung bersama Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol ini mengakui kontraknya tak diperpanjang lagi oleh Ducati.

3. Diwarnai Bendera Merah

Buruknya cuaca yang menyebabkan lintasan menjadi basah, membahayakan para pengendara sehingga balapan sempat dihentikan pada lap ke-14.

Banyak pebalap terjatuh di MotoGP Valencia. (Banyak pebalap terjatuh di MotoGP Valencia. (Foto: REUTERS/Heino Kalis)
Akibat dari cuaca buruk ini, banyak rider yang jatuh dan tidak dapat melanjutkan balapan. Tak jarang bendera merah dikibarkan sebagai tanda banyaknya kecelakaan yang terjadi di sirkuit tersebut.

4. Marc Marquez dan Valentino Rossi Terjatuh

Tidak hanya Marquez dan Rossi, Danilo Petrucci, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Andrea Iannone, Jack Miller, Michele Pirro, turut menjadi korban dalam licinnya lintasan akibat diguyur hujan deras. Lintasan yang juga tergenang air ikut berperan terhadap kesulitan para pebalap.


5. Red Bull KTM Raih Podium untuk Kali Pertama

Pebalap asal Spanyol, Pol Espargaro, telah bergabung bersama MotoGP sejak 2014 dengan menunggangi Yamaha YZR-M1. Namun pada 2017, Espargo pindah ke KTM RC16 dan berhasil meraih podium pertamanya bersama KTM pada Minggu (18/11) lalu dengan menempati urutan ketiga.

Espargaro mengakui lebih puas dengan pencapaian pertama kalinya Red Bull KTM menempati menempati podium. (dre/sry)


BACA JUGA