5 Alasan Messi Layak Raih Trofi Ballon d'Or

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 23:15 WIB
5 Alasan Messi Layak Raih Trofi Ballon d'Or Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d'Or untuk kali terakhir pada 2015. (Arnd Wiegmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi masih memiliki kans meraih trofi Ballon d'Or yang akan diumumkan pada 3 Desember 2018 kendati penampilan sang megabintang asal Argentina tidak terlalu mencolok.

Messi yang mengantarkan Barcelona meraih gelar juara La Liga pada musim lalu masuk dalam salah satu 30 nomine yang diumumkan pada Oktober 2018.

Bersama Cristiano Ronaldo, Messi sudah mengoleksi lima trofi Ballon d'Or yang menandakan keduanya selalu menjadi pemain terbaik dalam 10 tahun terakhir.


Berikut lima fakta Messi layak meraih trofi Ballon d'Or tahun ini dilansir dari laman sportskeeda.

1. Penghargaan hampir selalu mengarah ke Liga Spanyol

La Liga menjadi liga yang mendominasi dengan keberadaan pesepakbola terbaik dunia. Barcelona dan Real Madrid, dihuni pemain bertabur bintang yang kerap masuk dalam kandidat peraih trofi Ballon d'Or. Sedangkan Atletico Madrid juga memiliki Griezmann yang menjadi pesaing Ronaldo dan Messi.

Sepuluh tahun terakhir, trofi Ballon d'Or selalu mengarah pada para pemain La Liga. Dengan menjadi pemain terbaik dalam salah satu liga terbaik, Messi telah menjadi kandidat kuat peraih trofi pemain terbaik dunia sepanjang musim.

Barcelona merayakan gelar Ballon d'Or yang diraih Messi pada 2015.Barcelona merayakan gelar Ballon d'Or yang diraih Messi pada 2015. (Albert Gea)
2. Awal musim Real Madrid yang buruk

Terpilihnya Julen Lopetegui sebagai pelatih Los Blancos, meruntuhkan prestasi Madrid bersama Zidane. Hanya memimpin sebanyak 14 laga, Lopetegui menurunkan performa Raphael Varane dan Luka Modric yang menjadi pesaing Messi dalam ajang Ballon d'Or 2018.

3. Kali terakhir menghargai kemampuan Messi

Messi tak lagi muda. Semenjak memasuki usia 31, Messi cukup kesulitan menemukan performa terbaiknya. Sejalan dengan faktor umur, Messi akan kehilangan kecepatan dan kegesitan.

Jika dibandingkan dengan Kylian Mbappe yang masih muda dengan performa yang gemilang, ini mungkin akan jadi kesempatan terakhir Messi memenangkan Ballon d'Or.

Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik La Liga September 2018.Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik La Liga September 2018. (REUTERS/Albert Gea)
4. Penampilan Messi Tahun 2018

Dalam 13 penampilan musim ini, Messi berhasil membukukan 14 gol dan 6 assist. Catatan statistik itu menunjukkan kemampuan Messi belum pudar meski sempat mengalami cedera lengan.

5. Kepindahan Ronaldo Ke Juventus

Keputusan Ronaldo ke Juventus membuat salah satu rival Messi itu harus melakukan adaptasi untuk menampilkan performa brilian. Hanya mencetak satu gol di Liga Champions bersama Juventus, memperkecil kemungkinan Ronaldo untuk meraih trofi Ballon d'Or. Selain itu, tidak ada pemain dari Serie A Italia semenjak tahun 2007 yang meraih Ballon d'Or. (dre/nva)