Bima Sakti Yakin Thailand 'Bantu' Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 12:48 WIB
Bima Sakti Yakin Thailand 'Bantu' Timnas Indonesia Timnas Indonesia berharap bantuan Thailand saat melawan Filipina. (Chalinee THIRASUPA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, yakin timnas Thailand akan memberi 'bantuan' untuk tim Merah Putih dengan mengalahkan Filipina pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11).

Hasil pertandingan Filipina vs Thailand akan menentukan nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Jika Filipina mampu menahan imbang Thailand, maka Indonesia dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2018.

Bima Sakti mengatakan skuat Thailand memiliki karakter-katakter yang tidak mau kalah dari siapapun. Adisak Kraisorn dan kawan-kawan juga disebut Bima sebagai pemain yang sangat sportif.


"Saya pikir mereka akan berjuang dan kami berharap meraka bisa memenangi pertandingan [melawan Filipina] sehingga peluang kami masih terbuka di laga hari Minggu [melawan Filipina]," kata Bima Sakti usai mendampingi Timnas Indonesia latihan di Lapangan C Senayan, Selasa (20/11).

Timnas Thailand berhasil mengalahkan Indonesia 4-2.Timnas Thailand berhasil mengalahkan Indonesia 4-2. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Timnas Indonesia mengantongi satu kemenangan dan dua kali kalah dari tiga pertandingan Grup B Piala AFF 2018. Satu-satunya kemenangan didapat ketika menjamu Timor Leste pada laga kedua. Skuat Garuda kalah 0-1 dari Singapura di laga perdana dan kalah 2-4 dari Thailand di Bangkok.

Evaluasi dari dua kekalahan itu sudah dilakukan Bima dan tim pelatih Timnas Indonesia. Bima menganggap banyak sekali masalah konsistensi permainan yang ditunjukkan Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Andik Vermansah dipastikan Bima Sakti bisa bermain melawan Filipina.Andik Vermansah dipastikan Bima Sakti bisa bermain melawan Filipina. (Chalinee THIRASUPA / AFP)
"Sebelum preskon [setelah kalah 2-4 dari Thailand] saya ketemu pelatih Thailand [Milovan Rajevac], dia bilang 'Indonesia mainnya luar biasa di babak pertama, tapi kenapa tidak konsisten?' Jadi koreksi tim pelatih semoga lawan Filipina bermain tanpa beban saja, yang penting memenangi pertandingan dan menutup laga di fase grup ini," ucap Bima.

Terkait kondisi tim jelang melawan Filipina, Bima mengatakan hampir seluruh pemain Timnas Indonesia dalam kondisi terbaik. Winger Andik Vermansah yang mengalami cedera saat melawan Thailand dipastikan Bima bisa bermain.

"Andik tidak ada masalah. Cuma perlu hati-hati saja kalau ada benturan, semoga bisa cepat pulih. Andritany [Ardhiyasa] di latihan sangat bagus dan dia siap untuk pertandingan besok [lawan Filipina]," ucap Bima.

Pada sesi latihan perdana usai pulang dari Thailand pagi tadi, skuat Timnas Indonesia lebih banyak melakukan pemulihan kondisi. (TTF/har)