Riko: Timnas Indonesia Semakin Kompak Jelang Lawan Filipina

CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 14:59 WIB
Riko: Timnas Indonesia Semakin Kompak Jelang Lawan Filipina Riko Simanjuntak yakin Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Timnas Indonesia Riko Simanjuntak mengatakan skuat Merah Putih semakin kompak jelang menjalani laga krusial Grup B Piala AFF 2018 melawan Filipina, Minggu (25/11).

Setelah menelan dua kekalahan dari Singapura dan Thailand dan mengalahkan Timor Leste, Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup B. Kemenangan besar wajib diraih Timnas Indonesia atas Filipina untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal.

Namun sebelum menjalani pertandingan terakhir, nasib Timnas Indonesia juga akan ditentukan hasil laga Filipina vs Thailand, Rabu (21/11). Indonesia dipastikan tersingkir jika Filipina mampu menahan imbang Thailand.


Riko yakin Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Pemain Persija Jakarta itu juga optimistis Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina di pertandingan terakhir.

Timnas Indonesia butuh Thailand mengalahkan Filipina untuk menjaga peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2018.Timnas Indonesia butuh Thailand mengalahkan Filipina untuk menjaga peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Saya tetap optimistis karena rezeki sudah ada yang mengatur, yang penting kita tetap mempersiapkan tim untuk lawan Filipina. Kami yakin, kami main di kandang sendiri dan yakin dapat poin maksimal," kata Riko usai latihan di Lapangan C Senayan, Selasa (20/11).

Meski sedang mengalami masa-masa sulit di Piala AFF 2018, Riko memastikan skuat Garuda dalam kondisi terbaik. Riko bahkan mengatakan skuat Timnas Indonesia semakin kompak.

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada 25 November mendatang.Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada 25 November mendatang. (Chalinee THIRASUPA / AFP)
"Selain kondisi tim, hubungan dengan teman-teman juga sudah baik. Di Thailand kami juga mendapat perhatian khusus. Jadi saya semakin optimistis. Di luar [lapangan] kami juga semakin kompak supaya juga terjalin di lapangan," ucap Riko.

Terkait kritik negatif yang saat ini diterima tim pelatih Timnas Indonesia, terutama melalui media sosial, Riko menganggap kritik adalah hal yang biasa terjadi.

"Saya rasa itu biasa. Hasil seperti ini sangat biasa di profesional. Tapi yang penting kritik itu untuk membangun," ujar Riko. (TTF)