Marquez dan Lorenzo Tidak Fit saat Tes di Valencia

CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 22:55 WIB
Marquez dan Lorenzo Tidak Fit saat Tes di Valencia Marc Marquez tidak dalam kondisi fit fi tes Valencia. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara MotoGP 2018 Marc Marquez dan rekan barunya di tim Honda Jorge Lorenzo tidak dalam kondisi fit untuk tes pramusim di Valencia di Sirtkuit Ricardo Tormo, Selasa (20/11) waktu setempat.

Marc Marquez masih dalam kondisi cedera baru usai mengalami beberapa kali kecelakaan di MotoGP Valencia, akhir pekan lalu. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu sempat tergelincir di sesi latihan bebas kedua. Namun ketika balapan berjalan, Marquez kembali kecelakaan di lap ketujuh.

Sementara, Jorge Lorenzo juga belum pulih dari cedera yang dialaminya di MotoGP Aragon dan Thailand. Cedera itu juga memaksa pebalap asal Spanyol tersebut melewati empat balapan dan hanya finis di urutan ke-12 pada MotoGP Valencia.


Meski mengalami peningkatan kondisi saat balapan di MotoGP Valencia, tetapi Jorge Lorenzo belum dalam keadaan yang terbaik. Kendati demikian, tes di Valencia pada hari Selasa dan Rabu (21/11) dipercaya bisa membuat Lorenzo jadi lebih baik.

"Dokter yang mengoperasi saya berkata biasanya cedera akan sepenuhnya sembuh sekitar enam atau tujuh minggu. [Sementara] saya butuh satu minggu untuk mempercepat pemulihan dan mencoba [balapan] di Malaysia," Lorenzo di kutip dari Motorsport.


"Dalam 10 hari terakhir progres cedera sangat cepat, seperti yang Anda lihat dalam kondisi kering [di kualifikasi] saya bisa membuat waktu putaran yang bisa dihargai," Lorenzo menambahkan.

Kendati demikian saat ini Lorenzo merasakan dirinya dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan saat latihan bebas di MotoGP Valencia.

"Setiap hari kami mengalami sedikit peningkatan, saya sedikit lebih baik daripada kemarin, jauh lebih baik daripada hari Jumat."

Marquez juga tidak akan memaksakan diri untuk melakoni tes di Valencia dan Spanyol di Sirkuit Jerez. Pasalnya Baby Alien tidak ingin kembali mengalami kecelakaan sebelum melakukan operasi pada bahu kirinya di bulan Desember.

"Valencia dan Jerez adalah tes yang sangat penting. Tapi saya harus lebih cermat, tidak banyak melakukan putaran, karena kondisi fisik saya tidak 100 persen. Jadi tidak banyak lap, hanya mencoba saja beberapa hal, itu saja," Marquez menuturkan. (sry/nva)


BACA JUGA