Thailand dan Filipina Siap Berduel Tentukan Nasib Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 07:47 WIB
Thailand dan Filipina Siap Berduel Tentukan Nasib Indonesia Timnas Thailand berpeluang melaju ke semifinal Piala AFF 2018. (Pakawich Damrongkiattisak/Lagardere Sports via affsuzukicup.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Thailand Milovan Rajevac dan pelatih Filipina Sven Goran Eriksson menyadari laga antara kedua tim yang berlangsung Rabu (21/11) menjadi penentu langkah ke semifinal Piala AFF 2018.

Thailand dan Filipina akan menjalani pertandingan ketiga di fase grup setelah sama-sama meraih dua kemenangan. Thailand untuk sementara menempati puncak klasemen Grup B dengan enam poin, sementara Filipina berada di peringkat kedua dengan poin yang sama namun kalah produktivitas gol.

Rajevac mengaku pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Panaad merupakan duel krusial.


"Kami menilai pertandingan akan berlangsung ketat dan kami benar-benar mempersiapkan diri untuk laga ini. Eriksson adalah pelatih hebat. Kami berdua memiliki pengalaman melatih dan kami tahu arti pertandingan ini," ujar Rajevac dikutip dari situs resmi Piala AFF.

Pelatih yang pernah memperkuat timnas Yugoslavia itu menganggap Thailand bukan tim unggulan karena memandang sang lawan tidak layak diremehkan. Terlebih Filipina akan berstatus sebagai tuan rumah.

Timnas Filipina mengantongi dua kemenangan dari dua laga Grup B Piala AFF 2018.Timnas Filipina mengantongi dua kemenangan dari dua laga Grup B Piala AFF 2018. (Courtesy of affsuzukicup.com)
"Kedua kesebelasan bermain di Piala Asia. Kedua tim adalah tim berkembang yang ingin menembus level yang lebih tinggi di Asia. Ini adalah pertandingan yang ketat dan Anda tahu setiap orang akan berbuat maksimal untuk meraih kemenangan, Ini akan menjadi laga yang ketat dan menarik," jelas Rajevac.

"Keuntungan bagi Filipina karena mereka tahu keadaan lingkungan. Mereka tahu lapangan yang akan digunakan dan itu mungkin adalah keuntungan besar. Tetapi tim yang bisa beradaptasi dengan situasi [hujan] juga akan memiliki kesempatan besar," tambah pelatih yang pernah menangani timnas Ghana, Qatar, dan Aljazair.

Eriksson yang baru tiga pekan menangani Filipina juga berhati-hati menjalani pertandingan kandang. Pelatih yang memiliki rekam jejak di tim-tim kelas dunia itu menekankan kemampuan para pemain di lapangan akan menentukan hasil.

"Thailand adalah favorit untuk menjuarai grup ini. Saya harap kami dapat mengubahnya. Jika kami memainkan sepak bola yang baik, kami memiliki peluang. Kami harus berpikir positif," ucap Eriksson.

"Kami harus bermain lebih baik jika ingin mengalahkan Thailand. Saya percaya diri para pemain fokus menghadapi pertandingan besar," sambungnya.

Selain menjadi penentu langkah Thailand dan Filipina, duel ini juga akan menentukan nasib Timnas Indonesia. Tim Merah Putih masih memiliki peluang melangkah ke semifinal jika Thailand meraih kemenangan atas Filipina. Namun jika laga berakhir seri, maka langkah Indonesia dipastikan terhenti di Piala AFF 2018.

Seandainya kemenangan diperoleh Filipina, pintu menuju babak semifinal pun kemungkinan besar akan tertutup bagi Timnas Indonesia karena harus bersaing dalam produktivitas gol dengan Thailand. (nva/bac)