Eriksson Galau Jelang Timnas Filipina vs Thailand

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 08:16 WIB
Eriksson Galau Jelang Timnas Filipina vs Thailand Sven Goran Eriksson galau jelang timnas Filipina melawan Thailand. (REUTERS/Erik De Castro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Filipina, Sven Goran Eriksson, galau jelang skuatnya menjamu Thailand pada laga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Rabu (21/11) pukul 1830 WIB sore ini.

Sang juru taktik asal Swedia tersebut mengaku gamang karena ketidakjelasan status bek andalan mereka, Alvaro Silva, untuk tampil di Piala AFF. Pemain berdarah Spanyol dan Filipina itu kemungkinan besar tak bisa dimainkan untuk menjalani debut bersama The Azkals di turnamen resmi lawan Thailand.

Silva yang tercatat sebagai pemain anyar Kedah FA amat diharapkan Eriksson bisa dimainkan untuk menambah kesolidan pertahanan Filipina. Pasalnya, laga ini menjadi penentuan bagi mereka untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2018.


The Azkals minimal membutuhkan hasil imbang melawan Thailand untuk memastikan langkah ke semifinal. Eriksson pun sadar betul untuk mengimbangi kekuatan Gajah Perang harus memperkuat tembok pertahanan.

Timnas Filipina saat mengalahkan Singapura 1-0 di Piala AFF 2018. (Timnas Filipina saat mengalahkan Singapura 1-0 di Piala AFF 2018. (Foto: Courtesy of affsuzukicup.com)
"Saya harap begitu [soal Silva mendapat lampu hijau untuk tampil di Piala AFF 2018]. Tapi saya belum bisa menjawab saat ini," kata Eriksson seperti dikutip dari Fox Sports Asia.

"Saat ini pertemuan masih berlangsung [terkait kepastian Silva untuk tampil di Piala AFF] dan saya berharap demikian. Kami amat membutuhkannya, tapi saya tidak tahu [keputusan komite teknik Piala AFF nantinya]."

Hasil laga Filipina menghadapi Thailand juga menjadi penentuan nasib bagi Timnas Indonesia. Jika berakhir imbang apalagi Thailand kalah, skuat besutan Bima Sakti dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF 2018.

Saat ini Indonesia berada di posisi ketiga klasemen Grup B dengan nilai tiga poin. Garuda tinggal menghadapi Filipina di laga terakhir pada Minggu (25/11). Namun, hasil apapun lawan Filipina tetap membuat Timnas Indonesia masuk 'kotak' jika The Azkals minimal menahan imbang lawan Thailand sore ini.

Filipina saat ini sudah mengoleksi enam poin dan hanya butuh minimal satu poin lagi sehingga posisi mereka tak mungkin terkejar lagi dari Garuda maupun timnas Singapura.

Seandainya kemenangan diperoleh Filipina, pintu menuju babak semifinal pun kemungkinan besar tetap tertutup bagi Timnas Indonesia karena harus bersaing dalam produktivitas gol dengan Thailand. (bac/bac)