Impresif di Timnas Indonesia, Riko Akui Dilirik Klub Thailand

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 13:37 WIB
Impresif di Timnas Indonesia, Riko Akui Dilirik Klub Thailand Winger Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, mengakui telah dihubungi pihak klub Thailand. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, mengakui sudah ada perwakilan klub Thailand yang mengontaknya usai membela Merah Putih pada laga Piala AFF 2018 di Bangkok.

Pada pertandingan Grup B itu, Garuda kalah 2-4 dari tim tuan rumah di Stadion Rajamangala. Kabar soal Roko kemudian diketahui pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti. Bima mengatakan gelandang Persija Jakarta itu diminati klub Thailand karena bermain bagus di skuat Garuda.

"Sudah ada [komunikasi], tapi lihat nanti. Ya, pastinya sih [tawaran bermain di Thailand] jadi pertimbangan," ucap dia setelah berlatih dengan skuat Merah Putih di Stadion Madya pada Rabu (21/11).


"Rezeki sudah ada yang mengatur. Persija kontrak sampai tahun ini, kita lihat bagaimana nanti," ucapnya melanjutkan.

Riko disebut menjadi pembahasan sejumlah klub sepak bola di Thailand, namun ia ingin fokus lebih dulu bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Riko Simanjuntak dimainkan sebagai starter saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand. (Riko Simanjuntak dimainkan sebagai starter saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
"Itu [permainan bagus di Timnas Indonesia] berkat bantuan dari teman-teman juga, patut saya syukuri," kata Riko.

Riko belum ingin memikirkan kemungkinan klub yang akan dinaungi pada musim depan. Ia juga enggan menjawab bakal memilih Persija atau klub Thailand.

"Nanti saja, rezeki sudah ada yang mengatur," katanya.

Selama ini, Riko belum pernah berkarier sepak bola di luar negeri. Sebelum bermain untuk Persija, ia membela klub-klub lokal seperti PSMS Medan, PS Bangka, Gresik United, dan Semen Padang FC.

Timnas Indonesia bakal menjalani pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2018 melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (25/11).

Riko ingin Timnas Indonesia dapat memenangkan pertandingan itu. Faktor tuan rumah, lanjut dia, menjadi keuntungan bagi skuat Merah Putih.

"Yang penting harus berpikir positif untuk melawan Filipina," ujar pemain berusia 26 tahun tersebut.

Timnas Indonesia untuk sementara berada dalam peringkat keempat dalam klasemen sementara Grup B dengan perolehan tiga poin. Poin tersebut sama seperti Singapura yang berada di peringkat ketiga.

Sedangkan Timnas Filipina yang berada di posisi kedua memiliki poin yang sama dengan Thailand yang berada di puncak klasemen sementara Grup B yakni enam poin.

Nasib Timnas Indonesia ditentukan dari duel Timnas Thailand lawan Filipina di Stadion Panaad pada hari ini.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang melangkah ke semifinal jika Thailand meraih kemenangan atas Filipina. Namun jika laga berakhir seri, maka langkah Indonesia dipastikan terhenti di Piala AFF 2018. (map)