Valentino Rossi Bingung Kenapa Masih Tenar di MotoGP

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 18:09 WIB
Valentino Rossi Bingung Kenapa Masih Tenar di MotoGP Valentino Rossi masih menjadi paling tenar di MotoGP hingga kini. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, mengaku tidak tahu apa yang membuatnya masih menjadi pebalap MotoGP paling tenar di seluruh dunia.

Rossi pengoleksi sembilan gelar juara dunia Grand Prix. Namun, pebalap asal Italia itu sudah tidak pernah merebut gelar juara dunia sejak MotoGP 2009. Musim ini, Rossi hanya mampu finis di posisi tiga klasemen akhir.

Meski sudah tidak menjadi juara dunia sejak 2009, Rossi tidak pernah kehilangan karisma di ajang MotoGP. The Doctor masih menjadi pebalap dengan pendukung terbanyak di setiap balapan, meski seri berlangsung di Spanyol sekalipun.


Pendukung Rossi tidak hanya orang dewasa atau sudah lanjut usia. Banyak penonton usia muda yang terlihat mendukung Rossi di setiap seri balapan. Mereka menggunakan topi, baju, dan membawa bendera kuning dengan logo nomor 46 ciri khas The Doctor.

Valentino Rossi menjadi pebalap dengan pendukung terbanyak di setiap balapan MotoGP.Valentino Rossi menjadi pebalap dengan pendukung terbanyak di setiap balapan MotoGP. (AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)
Rossi mengaku tidak mengerti kenapa masih terus mendapat dukungan paling banyak meski sudah 23 tahun berkarier di ajang balapan motor Grand Prix.

"Saya beruntung karena sepanjang karier, saya selalu mendapat dukungan hebat, begitu juga di luar Italia. Saya pikir itu adalah hasil selalu berada di level atas lebih dari 20 tahun," ujar Rossi dikutip dari The Telegraph.

Valentino Rossi ketika menghadapi penggemar di MotoGP Malaysia 2018.Valentino Rossi ketika menghadapi penggemar di MotoGP Malaysia 2018. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
"Saya pikir banyak orang yang datang ke sirkuit tumbuh bersama saya, melihat televisi, jadi kami tumbuh bersama. Tapi, di luar pendukung [yang] itu, saya tidak tahu kenapa!" sambung Rossi.

Meski termasuk salah satu atlet terhebat sepanjang sejarah, Rossi mengaku tetap kaget banyak orang di seluruh dunia mengenal dirinya.

"Ini perasaan yang hebat. Terkadang saya terkejut karena banyak orang yang mengenal saya di seluruh dunia. Saya melihat banyak orang senang melihat wajah saya. Itu sesuatu yang spesial, karena artinya saya lebih dari seorang pebalap MotoGP," ucap Rossi.

Rossi dipastikan akan terus membalap hingga 41 tahun karena masih memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2020. (har/ptr)