Gagal Juara Liga 1, Persib Fokus Jaga Asa Tampil di Asia

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 15:44 WIB
Tersisih dari perebutan gelar juara Liga 1, Persib Bandung fokus meraih kemenangan pada dua laga terakhir agar menjaga asa tampil di pentas Asia tahun depan. Persib mengalami kekalahan telak ketika bertamu ke markas PSIS Semarang pada pekan ke-30. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tersisih dari perebutan gelar juara Liga 1 2018Persib Bandung fokus meraih kemenangan pada dua laga terakhir agar menjaga asa tampil di pentas Asia pada tahun depan.

Persib dipastikan tidak memiliki peluang menjuarai Liga 1 2018 setelah PSM mengalahkan Bali United pada pekan ke-32, Minggu (25/11). Tambahan tiga poin yang diraih Juku Eja di Stadion Andi Mattalatta membuat anak asuh Robert Rene Alberts mengoleksi 57 poin.

Nilai PSM sudah tidak mungkin dikejar Persib yang kini mengumpulkan 50 poin dan hanya berpotensi menambah enam poin dari laga sisa.


Pertandingan menghadapi Persela Lamongan dan Barito Putera akan dimaksimalkan Maung Bandung untuk mengamankan posisi di zona tiga besar dari kejaran Bhayangkara FC. Saat ini Persib hanya unggul satu poin dari The Guardians.

"Walau kita tidak bisa jadi juara tapi kita punya opsi lain yaitu mengejar Piala AFC dan kita harus bersaing dengan Bhayangkara FC untuk situasi sekarang," kata Gomez usai memimpin sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (26/11).

Persib Bandung mengalami krisis kemenangan sejak Oktober 2018.Persib Bandung mengalami krisis kemenangan sejak Oktober 2018. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Indonesia mendapat jatah 2+1 pada penyelenggaraan kompetisi tingkat Asia tahun 2019. Jika juara Liga 1 2018 mampu lulus ke Liga Champions Asia, maka klub yang menghuni peringkat kedua dan peringkat ketiga mendapat jatah tampil di Piala AFC. Namun jika juara Liga 1 2018 gagal tampil di Liga Champions Asia, maka klub tersebut akan berlaga di Piala AFC bersama dengan klub runner-up.

"Kita mengejar kemenangan di dua pertandingan akhir namun kita juga perlu mengumpulkan semangat untuk menghadapi pertandingan berikutnya. Dan ini yang paling penting, dua pertandingan terakhir kita gunakan untuk berkembang dan belajar. Dua pertandingan terakhir ini kita juga menargetkan kemenangan tentunya," tegas Gomez.

Persib mengalami kesulitan meraih kemenangan sejak Oktober. Dari sembilan pertandingan yang dilakoni sejak Oktober hingga November, Persib kalah lima kali dan imbang empat kali.

Selain menghadapi Persela (1/12) dan Barito (9/12) dalam dua laga terakhir Liga 1, Persib juga akan menjalani pertandingan babak 64 besar Piala Indonesia menghadapi PSCS Cilacap. (hyg/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK