Tontowi/Liliyana Pasti Berpisah Usai Indonesia Masters 2019

CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 16:03 WIB
Tontowi/Liliyana Pasti Berpisah Usai Indonesia Masters 2019 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ketika meraih gelar juara Indonesia Terbuka 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2019 yang akan berlangsung di Istora Senayan pada 22-26 Januari dipastikan menjadi panggung terakhir bagi pasangan ganda campuran kawakan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Indonesia Masters 2019 telah lama disebut akan menjadi ajang perpisahan Liliyana Natsir dari dunia bulu tangkis. Setelah pelatih Richard Mainaky mengkonfirmasi penampilan Liliyana, salah satu atlet papan atas tanah air itu pun memberi pernyataan resmi.

"Tadinya tidak kepikir akan main di Indonesia Masters sebagai turnamen terakhir, tapi setelah diskusi dengan pelatih dan tim PBSI, akhirnya memang diputuskan saya akan tampil dengan Owi untuk terakhir kali di Istora," ujar Liliyana dalam rilis resmi dari PBSI yang diterima CNNIndonesia.com.


Pebulutangkis 33 tahun asal Manado itu berniat meraih hasil terbaik meskipun sadar persaingan tidak mudah karena banyak pasangan ganda campuran yang masih berada pada usia produktif.

"Harapannya tetap mau memberikan yang terbaik di penutup karier saya, apalagi main di hadapan publik sendiri. Tapi saat ini kan persaingannya sudah ketat, ditambah pemain-pemain muda banyak yang bagus-bagus," ucap Liliyana.

Liliyana Natsir akan pensiun dari dunia bulu tangkis.Liliyana Natsir akan pensiun dari dunia bulu tangkis. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Tontowi/Liliyana saat ini berada di peringkat keempat daftar ranking ganda campuran dunia, namun hanya menempati urutan ke-11 dalam ranking kejuaraan dunia sehingga tidak akan tampil dalam kejuaraan Final Super Series yang akan menutup musim pertandingan 2018.

Turnamen terakhir yang diikuti Tontowi/Liliyana adalah Fuzhou China Terbuka 2018. Langkah mereka terhenti di babak perempat final setelah takluk dari pasangan China He Jiting/Du Yue 18-21 dan 19-21.

Prestasi terbaik Tontowi/Liliyana pada tahun ini adalah menjadi juara di Indonesia Terbuka. Sementara dalam Indonesia Masters, Kejuaraan Asia, dan Singapura Terbuka, pasangan ganda campuran Pelatnas PBSI dengan ranking terbaik itu harus puas menjadi runner-up.

Setelah Liliyana pensiun, Tontowi masih akan menjalani karier bersama pasangan lain, yakni Della Destiara Haris. (nva/bac)


BACA JUGA