Asprov PSSI DKI: Sepak Bola Indonesia Harus Diselamatkan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 02:03 WIB
Asprov PSSI DKI: Sepak Bola Indonesia Harus Diselamatkan Prestasi Timnas Indonesia dianggap jalan di tempat. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta Uden Kusuma menyebut pentingnya menyelematkan sepak bola Indonesia saat ini.

Meski begitu, Uden belum memikirkan soal digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menurunkan Edy Rahmayadi dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Belum tercapainya prestasi Timnas Indonesia di level senior yang dinantikan suporter menjadi salah satu indikasi perlunya menyelamatkan sepak bola Indonesia. Bahkan, untuk menjadi juara di Piala AFF yang levelnya sebatas Asia Tenggara saja belum pernah terwujud.


"Saya belum sampai ke arah sana [KLB] namun yang jelas kita harus selamatkan sepak bola kita ini. Dengan kondisi sudah sekian lama sepak bola kita yang belum pernah juara maka memang harusnya ada evaluasi. Kalau terus begini, sepak bola tidak pernah bisa bicara [berprestasi]. Artinya jalan di tempat," kata Uden ketika dihubungi wartawan, Selasa (27/11).

Menurut Uden harus ada perubahan, baik di organisasi, pembinaan, maupun kompetisi sepak bola Indonesia. Perubahan itu disebut Uden harus dimulai dari sekarang.

Sementara soal desakan suporter yang meminta Edy Rahmayadi untuk mundur dari Ketua Umum PSSI, Uden menyebut itu adalah hal yang wajar. Teriakan itu lantaran masyarakat sudah sangat haus dengan adanya prestasi di sepak bola Indonesia dan belum juga terwujud sampai sekarang.

Kompetisi sepak bola Indonesia juga butuh perubahan.Kompetisi sepak bola Indonesia juga butuh perubahan. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

"Padahal setiap pemimpin diberi amanah untuk mengubah situasi. Kalau sama terus dengan kondisi sebelumnya berarti sudah tak menjalankan amanah," sebut Uden.

Meski begitu, Asprov PSSI DKI tak mau salah ambil langkah. Uden memilih untuk melihat perkembangan dinamika yang terjadi ke depannya.

"Secara kelembagaan PSSI dan asprov ini satu bagian. Kalau ada desakan dari masyarakat dengan sendirinya akan menggiring ke arah yang lebih baik," ucap Uden.

"Asprov ingin memfasilitasi keinginan masyarakat, apabila ada desakan seperti itu maka akan dipikirkan atau akan ditindaklanjuti. Seperti apa keinginan masyarakat akan kita lihat karena masyarakat lah yang memiliki PSSI," Uden menambahkan. (TTF/sry)