Ajax Menang 2-0 atas AEK di Liga Champions

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 02:50 WIB
Ajax Menang 2-0 atas AEK di Liga Champions Ajax menang 2-0 atas AEK. (REUTERS/Costas Baltas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajax Amsterdam menang 2-0 atas AEK Athens dalam laga keempat Grup E Liga Champions 2018/2019 di Stadion Olympiako, Rabu (28/11) dini hari.

Ajax yang bertekad menjadi tim pertama yang lolos ke babak gugur dari Grup E langsung menekan pertahanan AEK.

Tim asuhan Erik ten Hag itu sempat mendapatkan peluang mencetak gol pada menit-menit awal melalui tendangan bebas gelandang Lasse Schoene. Hanya saja, eksekusi Schoene itu masih melayang tipis di atas mistar AEK.


Menjelang babak pertama berakhir AEK memiliki kans untuk unggul melalui Ezequiel Ponco. Akan tetapi tembakan Ponco bisa digagalkan oleh kiper Andre Onana.

Saat laga memasuki menit ke-64 sontekan Donny van de Beek memanfaatkan operan Dusan Tadic membentur tiang kiri gawang Vasilion Barkas.

Pada menit ke-67 AEK harus berain dengan 10 orang usai Marko Livaja dikartu merah karena mednapat kartu kuning kedua. Kartu kuning kedua itu didapat Livaja lantaran dianggap menyentuh bola tendangan bebas Schoene dengan sengaja di kotak penalti.

Kartu merah Marko Livaja awal petaka bagi AEK.Kartu merah Marko Livaja awal petaka bagi AEK. (REUTERS/Costas Baltas)

Tidak saja kehilangan satu pemainnya, AEK juga mengalami kerugian karena dihukum penalti oleh wasit Michael Oliver. Dusan Tadic yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna sekaligus membawa Ajax unggul 1-0 pada menit ke-67.

Keunggulan jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan tim tamu. Pada menit ke-72 Tadic membawa Ajax menjauh dengan skor 2-0.

Gol kedua Tadic bermula dari ketenangan David Neres menguasai bola saat di kotak penalti AEK. Meski dikawal pemain lawan konsentrasi Neres tidak goyah dan bisa mengoper bola kepada Klaas Jan Huntelaar yang kemudian diteruskan keada Tadic. Dengan kaki kiri Tadic menempatkan bola di tian dekat untuk menjadi gol.

Pada menit ke-86 tuan rumah AEK sempat memberikan ancaman kepada Ajax melalui Lucas Boye. Hanya saja tendangan keras Boye bisa dimentahkan kiper Onana dengan penyelamatan gemilangnya.

Dengan tambahan tiga poin itu Ajax untuk sementara menjadi pemuncak klasemen grup (11 poin), sekaligus lolos ke babak gugur karena tidak bisa lagi terkejar oleh pesaing terekatnya Benfica yang baru memiliki empat poin.
Di pertandingan terakhir di Grup E Ajax akan menjamu raksasa Bundesliga Bayern Munchen, Kamis (13/12). Sedangkan AEK melakoni laga tandang ke markas Benfica.

Susunan pemain:

AEK: Vasilion Barkas; Michalis Bakakis, Marios Oikonomou, Dmytro Chygrynskiy, Niklas Hult; Konstantinos Galanopoulos, Alef; Rodrigo Galo, Marko Livaja, Petros Mantalos; Ezequiel Ponce.

Ajax: Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Maximilian Woeber, Daley Blind; Donny van de Beek, Lasse Schoene, Frenkie de Jong; David Neres, Kasper Dolberg, Dusan Tadic. (sry)