Origi Cetak Gol di Injury Time, Liverpool Menang Dramatis

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 01:11 WIB
Origi Cetak Gol di Injury Time, Liverpool Menang Dramatis Liverpool berhasil menang dramatis atas Everton. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool berhasil mengalahkan Everton 1-0 lewat gol dramatis Divock Origi di detik-detik akhir dalam laga Liga Inggris di Anfield, Minggu (2/12).

Babak pertama duel Liverpool lawan Everton berlangsung sengit. Kedua tim bertukar serangan dan masing-masing punya peluang bagus untuk mencetak gol.

Peluang terbaik Everton ada saat sundulan Andre Gomes mampu ditepis oleh Alisson Becker. Bola yang bergulir ke gawang kemudian diselamatkan oleh Joe Gomez.


Sementara itu Liverpool juga nyaris mencetak gol di babak pertama lewat Sadio Mane dan Xherdan Shaqiri. Dua serangan yang dikreasi oleh Mohamed Salah itu sama-sama gagal berujung gol.
Alisson Becker menggagalkan peluang emas Andre Gomes di babak pertama.Alisson Becker menggagalkan peluang emas Andre Gomes di babak pertama. (REUTERS/Phil Noble)
Tendangan Mane melayang di atas gawang sedangkan tembakan Shaqiri berhasil diblok oleh kiper Everton, Jordan Pickford.

Memasuki babak kedua, Liverpool lebih dominan dalam penguasaan bola. Sadio Mane mendapat peluang emas di menit ke-53, namun lagi-lagi tendangannya tidak tepat sasaran.

Delapan menit berselang, Mohamed Salah lepas dari penjagaan lini belakang Everton namun ternyata pemain asal Mesir itu terperangkap offside.
Mohamed Salah kesulitan menembus pertahanan Everton.Mohamed Salah kesulitan menembus pertahanan Everton. (REUTERS/Phil Noble)
Di menit ke-67, umpan Shaqiri ke sisi kiri diteruskan oleh Andy Robertson menjadi umpan silang. Namun Roberto Firmino dan Mane yang ada di muka gawang gagal menjangkau bola.

Selepas pertandingan memasuki menit ke-70, Juergen Klopp memilih untuk melakukan dua pergantian pemain yaitu dengan memasukkan Naby Keita dan Daniel Sturridge untuk menggantikan Shaqiri dan Salah.

Masuknya tenaga baru ini diharapkan bisa meningkatkan tekanan Liverpool ke lini pertahanan Everton. Divock Origi bahkan ikut dimasukkan di menit ke-84.

Dua menit berselang setelah Origi masuk, Origi punya peluang emas untuk mencetak gol. Hanya berjarak kurang dua meter dari gawang, tendangan Origi membentur mistar gawang.

Pada masa injury time, Daniel Sturridge sempat terjatuh di kotak penalti namun wasit tak melihat hal itu sebagai sebuah pelanggaran.

Di detik-detik akhir, Liverpool mendapatkan tendangan bebas di wilayah permainan sendiri. Bola lalu dikirim ke kotak penalti Everton namun mampu diadang lini pertahanan Everton. Bola liar jatuh ke Virgil van Dijk yang langsung melepaskan tendangan ke gawang.

Tendangan Van Dijk terbilang buruk, hanya melambung dan tidak tajam. Namun ternyata bola membentur mistar dua kali sebelum jatuh ke arah Origi. Origi jadi satu-satunya pemain yang gigih menunggu bola sehingga ia tak mendapat adangan ketika menyambut bola yang mengarah padanya. Origi dengan mudah menyundul bola masuk ke gawang.

Skor 1-0 untuk Liverpool di akhir laga.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3)

Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil Van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Xherdan Shaqiri (Naby Keita; Mohamed Salah (Daniel Sturridge 75), Roberto Firmino (Divock Origi 84), Sadio Mane

Everton (4-2-3-1)

Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Andre Gomes, Idrissa Gueye; Theo Walcott (Ademola Lookman 63), Gylfi Sigurdsson (Kurt Zouma 90), Bernard (Dominic Clavert-Lewin 89); Richarlison (ptr/ptr)