Hengkang dari Munich, Robben Belum Tentu Pensiun

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 05:20 WIB
Hengkang dari Munich, Robben Belum Tentu Pensiun Arjen Robben sudah 10 tahun membela Bayern Munich. (REUTERS/Costas Baltas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang asal Belanda, Arjen Robben memastikan akan meninggalkan Bayern Munich di akhir musim namun belum memutuskan masa depannya setelah langkah tersebut.

Robben telah secara resmi mengumumkan bahwa Bundesliga 2018/2019 merupakan musim terakhirnya bersama Munich. Robben tercatat sudah bermain selama 10 musim untuk Bayern Munich.
"Saya akan berusia 35 tahun di musim panas mendatang dan saya rasa langka ini baik untuk semua, untuk diri saya dan klub. Saya masih merasa sangat bahagia di klub ini namun saya juga sudah sampai pada titik untuk mengatakan oke (bahwa ini selesai)," kata Robben seperti dikutip dari situs Bundesliga.

Setelah memastikan tidak akan lagi berkostum Bayern Munich usai musim, Robben menyatakan dirinya belum tahu pasti tentang kelanjutan kariernya di dunia sepak bola.


"Segalanya masih terbuka, semuanya masih mungkin terjadi. Saya hanya merasa ini waktu yang tepat untuk mengumumkan (perpisahan dengan Bayern Munich). Semuanya kini menjadi jelas untuk klub dan juga pendukung pada akhir musim nanti."
Arjen Robben adalah salah satu tulang punggung Bayern Munich dalam satu dekade terakhir.Arjen Robben adalah salah satu tulang punggung Bayern Munich dalam satu dekade terakhir. (REUTERS/Costas Baltas)
"Saya juga punya waktu untuk berpikir tentang masa depan, tentang langkah saya selanjutnya. Mungkin saya juga akan benar-benar pensiun, atau bisa juga melanjutkan perjalanan," ujar Robben.

Robben merupakan salah satu tulang punggung 'FC Hollywood' dalam satu dekade terakhir. Ia meraih tujuh gelar Bundesliga, empat Piala Jerman, lima Piala Super Jerman, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Piala Super Eropa.

Di Bayern Munich, Robben mampu tampil lebih tajam seiring perubahan posisinya sebagai penyerang sayap yang sering melakukan tusukan ke dalam kotak penalti. Sebelumnya, Robben murni jadi pemain sayap yang bertugas melepaskan umpan silang ke striker.

Selain Robben, Bayern Munich juga berpotensi kehilangan Franck Ribery di akhir musim. Bila Munich kehilangan Robben dan Riberry bersamaan, maka hilang sudah era 'Robbery' di Munich yang merujuk pada dua pemain tersebut. (ptr/ptr)