Pindah ke PSG, Neymar Hanya Ada di Urutan 12 Ballon d'Or

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 06:22 WIB
Pindah ke PSG, Neymar Hanya Ada di Urutan 12 Ballon d'Or Neymar harus puas duduk di posisi ke-12 dalam Ballon d'Or 2018. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Neymar harus puas duduk di urutan ke-12 Ballon d'Or 2018 setelah menjalani musim perdananya bersama Paris Saint-Germain.

Banyak yang percaya bahwa alasan kuat di balik keputusan Neymar pindah dari Barcelona di awal musim 2017/2018 bukan semata lantaran faktor uang. Selain bayaran besar, Neymar juga ingin membuktikan diri bahwa ia bisa menjadi aktor utama dalam sebuah tim. Di Barcelona, Neymar seringkali dianggap bakal terus berada di bawah bayang-bayang Messi.

Namun Neymar harus puas dengan fakta ia berada di luar posisi 10 besar Ballon d'Or tahun ini. Neymar yang tahun lalu ada di peringkat ketiga di bawah Cristiano Ronaldo dan Messi, kini ada di posisi ke-12, persis di bawah gelandang jangkar Chelsea, N'Golo Kante.


Pada musim perdana di PSG, Neymar sejatinya tampil cukup apik di awal musim. Namun sejak bulan Februari, ia mengalami cedera yang memaksanya tidak bisa merumput hingga akhir musim. Meski demikian, Neymar mampu mencatat 28 gol dalam 30 laga bersama PSG di seluruh kompetisi.

Neymar gagal mempersembahkan prestasi untuk timnas Brasil di Piala Dunia 2018.Neymar gagal mempersembahkan prestasi untuk timnas Brasil di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Sergio Perez)
Lantaran gagal membawa PSG berjaya di Eropa, maka kesempatan Neymar untuk bersinar ada di Piala Dunia 2018. Namun Neymar tampil tidak terlalu bagus di pesta olahraga empat tahunan itu.

Neymar bahkan lebih dikenal dengan aksi diving saat ia jatuh berguling-guling di beberapa kesempatan. Brasil sendiri kalah dari Belgia di babak perempat final.

Catatan posisi ke-12 ini membuat Neymar untuk pertama kalinya ada di posisi di luar 10 besar pada pemilihan Ballon d'Or. Neymar sejatinya dipercaya banyak orang sebagai salah satu pemain yang layak meraih Ballon d'Or, setidaknya satu kali, dalam kariernya sebagai pemain sepak bola. (ptr/jun)