Selusin Ballon d'Or Pernah Diraih Pemain Real Madrid

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 09:45 WIB
Selusin Ballon d'Or Pernah Diraih Pemain Real Madrid Luka Modric meraih Ballon d'Or 2018. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trofi penghargaan pemain terbaik eropa selama semusim, Ballon d'Or, menjadi milik pemain Real Madrid, Luka Modric, pada Minggu (3/12) waktu setempat, sekaligus melengkapi selusin penghargaan itu pernah diraih pemain Los Blancos.

Trofi bola emas, merupakan penghargaan kepada pemain sepak bola benua eropa yang mampu tampil apik dengan konsisten selama semusim. Tak hanya prestasi individual, kontribusi kepada klub dan negara juga menjadi pertimbangan seorang pemain meraih Ballon d'Or.

Trofi ini pertama kali digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, pada 1956 dengan Stanly Matthews sebagai pemenang perdananya. Pemenang perdana trofi ini diputuskan oleh rekan Gabriel untuk memilih pemain terbaik Eropa pada 1956. Pada 2010, penghargaan FIFA Best Player memutuskan untuk bergabung dan mengganti nama menjadi FIFA Ballon d'Or.

Dan sejak 2011, UEFA menciptakan UEFA Best Player in Europe untuk tetap menjaga kehormatan trofi Ballon d'Or yang telah bergabung bersama FIFA.


Ballon d'Or menjadi bukti seorang pemain telah tampil sebagai pemain terbaik di liga benua biru itu. Hal ini dibuktikan Modric dengan meraih penghargaan UEFA Best Player in Europe, trofi FIFA Club World Cup Winner, trofi Spanish Super Cup, dan trofi UEFA Supercup di tahun ini.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang meraih lima Ballon d'Or selama berseragam Real Madrid. (Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang meraih lima Ballon d'Or selama berseragam Real Madrid. (Foto: Reuters/Artho Viando)
Tak hanya berbagai trofi, Modric juga berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 2017/2018 dan mengantarkan Kroasia ke final Piala Dunia 2018. Alhasil, ia mendapat penghargaan The Best FIFA Men's Player.

Selama satu dekade terakhir, persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah mendominasi perebutan trofi bergengsi pemain terbaik Eropa ini. Mendominasi sejak 2008 hingga 2018, dominasi trofi bola emas oleh keduanya kini berhasil dipatahkan oleh Luka Modric.

Mantan pelatih Madrid, Zinedine Zidane, bahkan telah percaya suatu saat Modric akan memenangkan trofi Ballon d'Or. Zidane mengatakan Modric merupakan salah satu pemain kunci dalam tim.

"Dia [Zidane] mengatakan bahwa saya adalah pemain penting untuknya dan di atas semua itu, dia melihat saya sebagai pemain yang dapat memenangkan Ballon d'Or," ujar Modric dilansir dari laman Marca.

"Saat seseorang seperti Zidane, dengan kepribadian dan memiliki sejarah yang hebat mengatakan itu kepada Anda, itu sungguh mendorong kepercayaan diri Anda," tutur Modric.

Pemain Real Madrid, memiliki sejumlah kenangan manis dengan trofi penghargaan pemain terbaik Eropa ini. Selain Luka Modric, berikut sejumlah pemain Madrid yang juga pernah meraih trofi Ballon d'Or.

Pemain Madrid yang Pernah Meraih Ballon d'Or
1957 - Alfredo Di Stefano
1958 - Raymond Kopa
1959 - Alfredo Di Stefano
2000 - Luis Figo
2002 - Ronaldo
2006 - Fabio Cannavaro
2008 - Cristiano Ronaldo
2013 - Cristiano Ronaldo
2014 - Cristiano Ronaldo
2016 - Cristiano Ronaldo
2017 - Cristiano Ronaldo (dre/jun)