Persija vs Mitra Kukar, The Jakmania Dilarang Bawa Suar

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 15:45 WIB
Persija vs Mitra Kukar, The Jakmania Dilarang Bawa Suar The Jakmania dilarang bawa suar pada laga Persija vs Mitra Kukar. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dilarang membawa suar pada pertandingan laga pamungkas Liga 1 2018 melawan Mitra Kukar yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (9/12).

Sekretaris Umum The Jakmania Dicky Soemarno menuturkan animo pendukung Persija amat besar untuk menyaksikan laga pamungkas penentu juara yang tertunda selama 17 tahun.

"Kami sudah 17 tahun menunggu momen ini, di mana satu pertandingan lagi jadi juara Liga 1. Animo penonton sangat membludak dan hal ini mesti diantisipasi," kata Dicky di Kantor Persija, Rabu (5/12).


Pengurus Pusat The Jakmania berjanji untuk membantu pihak kepolisian untuk menertibkan GBK. Dicky bersama rekan pengurus juga bakal menyisir penonton agar tidak membawa suar ke dalam tribune.

"Imbauan-imbauan pasti ada untuk tidak bereuforia berlebihan juga larangan suar merah. Kami akan bekerja keras semakismal mungkin untuk membantu melancarkan petandingan Persija vs Mitra Kukar di GBK nanti," ujarnya.

Persija Jakarta berpeluang besar meraih juara Liga 1 2018.Persija Jakarta berpeluang besar meraih juara Liga 1 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Semula laga Persija vs Mitra Kukar rencananya digelar di Stadion Patriot Candrabhaga karena SUGBK lebih dulu disewa untuk acara perayaan Natal, Sabtu (8/12).

Pemulihan kondisi rumput yang biasanya membutuhkan waktu tiga hari jadi pertimbangan pengelola. Namun, setelah melalui rangkaian negosiasi, pihak Persija akhirnya mengantongi izin untuk berlaga di GBK mengingat potensi membludaknya suporter yang akan hadir.

Fan setia Jakmania telah menyiapkan koreografi sederhana karena persiapan yang terbilang singkat.

"Ada [koreografi], tapi mungkin tidak semewah sebelumnya karena waktunya mepet. Atraksi khusus tetap ada, seperti koreografi kertas. Kami sudah siapkan itu semua," terang Dicky.

Persija selangkah lagi bisa meraih gelar Liga 1 2018 jika mampu mengalahkan Mitra Kukar di laga pamungkas. Jika Macan Kemayoran gagal menang, maka PSM yang berpeluang untuk merengkuh trofi karena hanya berjarak satu poin. (map/jun)