Teco Berharap Bepe dan Ismed Tak Pensiun Tahun Depan

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 20:25 WIB
Teco Berharap Bepe dan Ismed Tak Pensiun Tahun Depan Bambang Pamungkas hanya tampil sebanyak 12 kali pada Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra menilai dua pemain senior Macan Kemayoran, Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan, belum pantas pensiun pada musim depan.

Usia kedua pemain tersebut tak lama lagi bakal mencapai kepala empat. Bepe tahun ini berusia 38 tahun, sedangkan Ismed berumur 39 tahun. Kendati sudah uzur, kedua pemain tersebut disebut Teco masih memiliki kualitas teknik dan fisik yang apik.

"Keduanya punya kualitas, mereka senior tapi kondisi fisik sangat bagus dan bisa main 90 menit. Tapi ini tergantung pemain, pemain yang tahu kapan pensiun. Bukan pelatih," kata Teco kepada para awak media usai latihan di Lapangan Sutasoma pada Rabu (5/12) sore.


"Kalau dua pemain ini masih bertahan, pasti bagus untuk saya. Saya sendiri pilih mereka bertahan bukan pensiun, tapi sekali lagi ini yang tahu adalah pemain," tambahnya.

Teco menerangkan meskipun Bambang jarang dimainkan musim ini, ia tetap percaya mantan penyerang Timnas Indonesia itu masih memiliki pengaruh yang cukup besar dalam skuat Macan Kemayoran.

Ismed Sofyan menjadi kapten tim Persija Jakarta pada tahun 2018.Ismed Sofyan (kanan) identik dengan nomor 14 di Persija Jakarta. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Hingga pekan ke-33 Liga 1 2018, Ismed bermain 24 kali dan mencetak satu gol, sementara Bepe hanya bermain 11 kali dan mencatatkan sebuah gol.

"Tahun kemarin saat saya punya masalah dalam tim, saya pasang dia [Bambang] dan dia banyak membantu. Ketika dia main, kami menang," ucap Teco.

Senada dengan Teco, mantan pemain yang kini jadi asisten pelatih Persija Antonio 'Toyo' Claudio merasa Bambang masih bisa bertahan dalam beberapa musim mendatang.

Toyo satu tim dengan Bambang ketika Persija juara Liga Indonesia pada 7 Oktober 2001. Kala itu, mereka mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-2 di SUGBK dalam laga final.

"Memang Bepe saat itu 2001, masih sangat muda. Hampir sama lah dengan saya," ujar Toyo bercanda.

"Ya saya bangga dulu sebagai kawan dan saling berjuang di lapangan. Namun meskipun kami sekarang beda profesi, tapi Bepe tahu [posisi] sebagai pemain dan pelatih. Dia selalu tidak ada masalah, Bepe masih pantas untuk bermain dua musim mendatang," tukas pemain asal Brasil tersebut. (map/sry)