Pelatih Persija Jawab Peluang Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 21:31 WIB
Pelatih Persija Jawab Peluang Latih Timnas Indonesia Teco bangga dicalonkan sebagai pelatih Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra menjawab pertanyaan tentang peluang melatih Timnas Indonesia tahun depan.

Nama Teco menjadi salah satu yang disebut pantas menukangi Timnas Indonesia yang minim prestasi tahun ini. Pelatih asal Brasil tersebut mengaku bangga atas rumor yang beredar itu.

"Terima kasih kepada wartawan, suporter, atau teman di PSSI yang bilang saya jadi calon [pelatih Timnas Indonesia]. Kenapa? Anda [pelatih] kerja keras dalam klub," kata Teco usai memimpin latihan Persija di Lapangan Sutasoma pada Rabu (5/12) sore.


"Ketika Anda berprestasi di dalam klub, ada kesempatan untuk timnas. Tapi saya harus selesaikan liga dulu, setelah itu baru saya bisa pikirkan yang lain seperti Timnas Indonesia," katanya menambahkan.

Selama setahun terakhir, tercatat dua nama pelatih pernah menukangi Timnas Indonesia yakni Luis Milla mulai awal 2017 sampai September 2018 sebelum digantikan asistennya Bima Sakti di kursi kepelatihan.

Selain Teco, Rahmad Darmawan juga dicalonkan untuk menukangi Tim Merah Putih.Selain Teco, Rahmad Darmawan juga dicalonkan untuk menukangi Tim Merah Putih. (CNN Indonesia/Andito Gilang Pratama)
Akan tetapi, tak satupun dari dua nama tersebut yang berhasil membawa Merah Putih juara. Baik di ajang multievent seperti SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, maupun Piala AFF 2018.

Selain Teco, pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan juga disebut sebagai salah satu calon pelatih Timnas Indonesia setelah Bima Sakti. Pria yang akrab disapa RD itu punya pengalaman menangani Skuat Garuda. Pria 51 tahun tersebut tercatat sudah dua kali menjadi pelatih sementara Timnas Indonesia untuk level senior.

Kendati begitu, RD tak mau berpikiran terlalu jauh mengenai peluang tersebut.

"Buat saya, menjadi pelatih timnas itu seperti sebuah ketetapan, garis tangan, jadi kita harus bersiap dan lihat nanti seperti apa. Tapi kita juga terus menjalankan kegiatan sebagai pelatih sehari-hari dengan terus beraktivitas di dunia kepelatihan," ucap RD yang juga mantan pelatih Persija Jakarta itu.

"Kalau waktunya datang, dia [jadi pelatih Timnas Indonesia] akan datang. Saya tidak terlalu memikirkan itu," RD menambahkan. (map/nva)