Kandidat Pemain Terbaik Liga 1 2018 Tanpa Pemain Lokal

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 21:01 WIB
Kandidat Pemain Terbaik Liga 1 2018 Tanpa Pemain Lokal Rohit Chand menjadi salah satu kandidat pemain terbaik Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menentukan tiga kandidat pemain terbaik beserta nomine pemain muda terbaik dan pelatih terbaik jelang Liga 1 2018 usai.

Grup penilai teknis Liga 1 merilis daftar pemain terbaik, pemain muda terbaik dan pelatih terbaik berdasarkan hasil evaluasi dan rapor penampilan selama satu musim.

Tiga pemain asing dari tiga kesebelasan berbeda berpeluang menjadi pemain terbaik Liga 1 2018, yakni Rohit Chand, Willem Jan Pluim, dan David Aparecido da Silva.

Chand merupakan salah satu pemain penting di lini tengah Persija. Pemain timnas Nepal itu bermain 30 kali bersama Macan Kemayoran musim ini dan menjadi pemain kedua yang paling sering tampil berkostum jingga khas klub ibu kota setelah Ramdani Lestaluhu.


Willem Jan Pluim menjadi salah satu pemain penting di PSM Makassar.Willem Jan Pluim menjadi salah satu pemain penting di PSM Makassar. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)
Serupa dengan Chand di Persija, Pluim pun menjadi salah satu tulang punggung Tim Juku Eja. Pemain asal Belanda itu menjadi salah satu pemain yang kerap diturunkan pelatih Robert Rene Alberts. Mantan pemain Vitesse Arnhem dan Roda JC itu bermain 28 kali dan menyumbang lima gol. Jumlah penampilannya hanya kalah dari Abdul Rahman, Steven Paulle, Ferdinand Sinaga, dan Guy Junior.

Sementara jumlah penampilan David da Silva tidak sebanyak Chand dan Pluim. Namun dari 22 kali tampil bersama Persebaya, pemain Brasil itu menyarangkan 20 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak sementara.

Mario Gomez mengantarkan Persib bersaing di papan atas Liga 1 2018.Mario Gomez mengantarkan Persib bersaing di papan atas Liga 1 2018. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Sudirman yang merupakan salah satu tim penilai menyebutkan bahwa banyak pertimbangan untuk menentukan kandidat pemain terbaik di Go-Jek Liga 1 2018, seperti penampilan yang harus konsisten pada level tertinggi, menjadi contoh di tim, dan tampil menonjol dan antusias dalam tim.

Nama-nama asing juga menyemarakkan kandidat pelatih terbaik dengan keberadaan Stefano Cugurra, Roberto Carlos Mario Gomez, dan Robert Rene Alberts.

Berbeda dengan kandidat pemain terbaik dan pelatih terbaik yang didominasi pemain asing, kandidat pemain muda dikuasai pemain-pemain lokal yakni Hansamu Yama Pranata, Osvaldo Haay, dan Febri Hariyadi.

"Sama dengan penentuan kandidat pemain terbaik, di kategori kandidat pelatih dan pemain muda terbaik, banyak pertimbangan yang harus kami perhatikan. Semuanya tak mudah dan prosesnya panjang," jelas Sudirman.

Kandidat Pemain Terbaik
Nama                            Klub

Rohit Chand                   Persija Jakarta
Willem Jan Pluim              PSM Makassar
David Aparecido da Silva   Persebaya Surabaya

Kandidat Pemain Muda Terbaik
Nama                              Klub

Hansamu Yana Pranata      Barito Putera
Osvaldo Ardiles Haay         Persebaya Surabaya
Febri Hariyadi                   Persib Bandung

Kandidat Pelatih Terbaik
Nama                              Klub

Robert Rene Alberts          PSM Makassar
Mario Gomez                   Persib Bandung
Stefano Cugurra              Persija Jakarta (nva/sry)