Rafael Nadal Kerja Keras Seperti Cristiano Ronaldo

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 02:45 WIB
Rafael Nadal Kerja Keras Seperti Cristiano Ronaldo Toni menyebut Rafael Nadal adalah sosok petenis yang tak pernah lelah dalam berusaha dan bekerja keras meningkatkan kemampuannya. (REUTERS/Pascal Rossignol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toni Nadal menyebut Rafael Nadal punya etos kerja seperti yang ditunjukkan oleh bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Sang paman menyebut Nadal tidak memiliki bakat alamiah sebesar yang dimiliki Roger Federer, namun kerja keras Nadal mengantar dirinya bisa menjadi rival utama Federer sepanjang kariernya.

"Rafael memiliki etos kerja seperti yang ditunjukkan Cristiano Ronaldo. Ronaldo tidak hanya bisa mencetak gl, namun skill dan tekniknya juga luar biasa."


"Permainan Messi dan Federer memang brilian, namun Rafael Nadal punya kualitas yang unik. Intensitas dalam hal kerja keras yang dimiliki Nadal tidak memiliki tandingan," ujar Toni seperti dikutip dari Express.

Toni lalu menceritakan masa kecil Nadal ketika dirinya memutuskan untuk mengarahkan Nadal agar bermain dengan tangan kirinya saat merintis karier di dunia tenis.
Toni Nadal menyebut Rafael Nadal punya tekad kuat dan hasrat bekerja keras seperti Cristiano Ronaldo.Toni Nadal menyebut Rafael Nadal punya tekad kuat dan hasrat bekerja keras seperti Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Massimo Pinca)
"Rafa sejatinya melakukan pukulan dengan dua tangan untuk kedua sisi dan melakukan sama baiknya. Namun berapa banyak pemain top yang melakukan pukulan kedua tangan untuk sisi forehand dan backhand?"

"Tidak banyak, jadi kami harus melakukan sebuah perubahan. Kami memilih opsi terbaik. Forehand miliknya dengan tangan kiri jauh lebih baik. Rafa memiliki kemampuan untuk melakukan banyak pukulan spin," ucap Toni.

Nadal saat ini sudah mengoleksi 17 gelar grand slam, hanya kalah dari Federer yang mengumpulkan 20 gelar grand slam. Dengan usia Nadal yang lebih muda lima tahun dari Federer, maka Nadal masih memiliki perjalanan karier yang sedikit lebih panjang dari Federer yang kini sudah berusia 37 tahun. (ptr/ptr)