Alasan LIB Izinkan Persija Main di GBK Lawan Mitra Kukar

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 18:30 WIB
Alasan LIB Izinkan Persija Main di GBK Lawan Mitra Kukar Persija Jakarta akan menjamu Mitra Kukar di Stadion GBK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy membeberkan alasan memberikan izin kepada Persija Jakarta yang memindahkan venue pertandingan melawan Mitra Kukar di pekan terakhir Liga 1 2018 dalam waktu singkat.

Sebelumnya, Persija dijadwalkan menjamu Mitra Kukar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Namun, empat hari jelang pertandingan, Macan Kemayoran mengumumkan perubahan tempat. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi venue resmi pertandingan kedua tim.

"LIB persilakan tuan rumah untuk menentukan venue, selama mereka juga berkoordinasi dengan tim tamu. Karena terpenting adalah tim tamu, jangan venue dipindahkan ke tempat yang aksesnya sulit dijangkau," kata Tigor melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/12).


Meski begitu, LIB juga disebut Tigor sudah berkoordinasi dan Persija sudah menyampaikan keinginan awal untuk menjamu Mitra Kukar di Bekasi. Namun, ada beberapa alasan yang akhirnya membuat terjadinya perubahan venue.

Alasan LIB Izinkan Persija Main di GBK Lawan Mitra KukarMitra Kukar masih harus berjuang untuk lolos dari jerat degradasi. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
"Alasan lain yang disampaikan ke kita adalah soal keamanan. Karena ini partai penentuan buat jadi juara, kita tahu dengan jumlah suporter Persija yang sedemikian banyak, pertimbangan keamanan juga jadi dasar kenapa mereka memindahkan [pertandingan] ke GBK," jelas Tigor.

Selama ini, Tigor juga tidak pernah mempermasalahkan adanya perubahan venue pertandingan yang dilakukan secara mendadak. Asalkan tidak merugikan kedua tim yang akan bertanding.

Selain itu, perubahan venue juga wajib memperhatikan aspek keamanan, ketertiban serta kenyamanan tim tamu dan perangkat pertandingan.

"Saya yakin, di GBK juga belum tentu cukup juga kalau Jakmania datang semua," sebutnya. (map)