Khabib Nurmagomedov: Para Wanita Jadi Petarung di Rumah Saja

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 19:00 WIB
Khabib Nurmagomedov: Para Wanita Jadi Petarung di Rumah Saja Khabib Nurmagomedov mengatakan para wanita sebaiknya menjadi petarung di rumah saja. (Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Khabib Nurmagomedov melontarkan kata-kata mengejutkan mengomentari fenomena para petarung wanita di ajang seni beladiri campuran (MMA) seperti UFC.

Penakluk Conor McGregor di pertandingan UFC 229 tersebut sebelumnya sempat mendapat banyak pertanyaan pada forum Misk Talk di Riyadh Arab Saudi, beberapa waktu lalu.

Forum tersebut memberikan kesempatan kepada tokoh-tokoh muslim dunia yang dianggap berhasil di bidang tertentu. Khabib diundang sebagai bintang tamu salah satunya menjawab soal fenomena petarung wanita seperti di UFC.


Di Arab Saudi sendiri saat ini memang tengah muncul isu kesetaraan wanita. Kaum wanita di negara islam tersebut banyak yang menuntut aktivitas lebih bebas tanpa pengawasan di ruang-ruang publik, termasuk menonton di stadion sepak bola.

Pertanyaan itu pun terlontar kepada Khabib soal kiprah para wanita yang berkarier sebagai petarung UFC. Petarung kelahiran Dagestan itu justru secara mengejutkan memiliki jawaban yang diyakini sesuai dengan prinsipnya.

"[Para wanita] jadilah petaring di dalam rumah Anda. Setiap waktu, menaklukkan suami Anda. Pukul mereka sekeras-kerasnya," ujar Khabib, tersenyum, menjawab pertanyaan itu seperti dikutip dari Sports Keeda.

Khabib Nurmagomedov banyak mendapatkan undangan kehormatan setelah mengalahkan Conor McGregor. (Foto: AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV
Khabib Nurmagomedov banyak mendapatkan undangan kehormatan setelah mengalahkan Conor McGregor. (
Sontak, jawaban Khabib mendapat riuh-rendah sambutan dan tepukan dari para peserta yang hadir di forum Misk Talk tersebut.

Khabib banyak mendapat undangan kehormatan termasuk dari negara-negara mayoritas muslim usai aksinya mengalahkan McGregor dalam duel yang berakhir kontroversial.

Kerusuhan pecah setelah Khabib mengalahkan The Notorious pada ronde empat melalui submission atau kuncian di leher lawan. Ia melompati pagar oktagon dengan menyerang rekan McGregor, Dillon Danis, yang dianggapnya menghina agama dan ayahnya. (bac)