Vietnam Jumpa Malaysia di Final Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 21:27 WIB
Vietnam Jumpa Malaysia di Final Piala AFF 2018 Vietnam tampil di final Piala AFF untuk kali ketiga setelah 1998 dan 2008. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Vietnam akan menghadapi Malaysia di final Piala AFF 2018 usai mengalahkan Filipina 2-1 di leg kedua di Stadion Nasional My Dinh, Kamis (6/12).

Babak pertama pertarungan Vietnam dengan Filipina berakhir imbang 0-0. Tuan rumah Vietnam sempat melepaskan sejumlah peluang, namun tidak ada yang berujung gol. 

Perubahan terjadi di babak kedua. Vietnam yang tampil impresif di 45 menit pertama justru berbalik ditekan Filipina.


Di menit ke-74 terjadi kemelut di kotak penalti Vietnam. Namun pemain belakang tuan rumah lebih tenang mengantisipasi tekanan Filipina itu. Gawang Vietnam pun kembali aman dari ancaman tim tamu.

Filipina terus menekan Vietnam di babak kedua. Statistik pun menunjukkan penguasaan bola menjadi milik The Azkals dengan keunggulan 55 persen. Hanya saja tim asuhan Sven Goran Eriksson itu tetap tidak bisa membobol gawang Dang Van Lam.

Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tiba pada menit ke-83 melalui kaki kiri Nguyen Quang Hai memanfaatkan operan Phan Van Duc.

Kebutuan tuan rumah pecah karena akselerasi Phan Van Duc di sisi kanan pertahanan Filipina. Van Duc berhasil melewati kawalan bek Amani Santos Aguinado sebelum memberikan assist kepada Quang Hai yang tidak bisa diantispasi oleh kiper Filipina.

Kalah agregat 2-4 timnas Filipina gagal ke final Piala AFF 2018.Kalah agregat 2-4 timnas Filipina gagal ke final Piala AFF 2018. (Courtesy of affsuzukicup.com)
Empat menit kemudian Golden Star menambah keunggulan melalui Nguyen Cong Phuong pada menit ke-87. Proses gol Cong Phuong lebih ciamik karena murni aksi individu.

Cong Phuong lebih dulu melewati kawalan dua pemain belakang Filipina. Setelah dalam kondisi bebas, pemain bernomor punggung 14 itu langsung melepaskan tembakan keras kaki kiri. Bola yang mengalir deras ke tiang dekat membuat kiper Patrcik Deyto.

Menjelang laga berakhir intensitas permainan dari kedua tim makin seru. Filipina pun bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol dari James Younghusband. Pertandingan pun dimenangi Vietnam dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan 2-1 (agregat 4-2) itu Vietnam berhak lolos ke laga final untuk menghadapi Malaysia. Pada leg pertama di kandang Filipina di Stadion Pana-ad, Minggu (2/12), menang 2-1 berkat gol dari Nguyen Anh Duc (12') dan Phan Van Duc (48'), sedangkan Filipina hanya membalas lewat gol Patrick Reichelt (45+2').

Pada semifinal sebelumnya Malaysia sukses menyingkirkan juara bertahan Thailand dengan agregat 2-2. Harimau Malaya unggul gol tandang setelah di leg pertama bermain imbang 0-0 di Stadion Bukit Jalil.

Pertemuan di final nanti merupakan merupakan yang pertama bagi Vietnam dan Malaysia di laga puncak Piala AFF.

Susunan pemain

Vietnam: Dang Van Lam, Que Ngoc Hai, Tran Dinh Dong, Do Duy Manh, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Quang Hai, Luong Xuan Truong, Pham Duc Huy, Phan van Duc, Nguyen Anh Duc.

Filipina: Patrick Deyto, C de Murga, Alvaro Silva, Aguinaldo, Iain Ramsay, A Reed, Kevin Ingreso, M Steuble, Stephen Schrock, Patrick Reichelt, Phil Younghusband. (sry/nva)