Legenda Jerman: Sinar Messi dan Ronaldo Belum Habis

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 22:47 WIB
Legenda Jerman: Sinar Messi dan Ronaldo Belum Habis Sinar Messi dan Ronaldo disebut belum habis. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaeus menilai sinar dua megabintang sepak bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo belum habis.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir gagal memenangi Ballon d'Or serta penghargaan individu utama lainnya.

Dua trofi penghargaan utama untuk individu digondol gelandang asal Kroasia, Luka Modric, Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d'Or.


Untuk penghargaan Pemain Terbaik FIFA, nama Ronaldo berada di urutan kedua dengan meraih 19,08 persen suara. Sementara Messi berada di urutan kelima dengan 9,81 persen. La Pulga kalah dari Mohamed Salah serta Kylian Mbappe.

Penghargaan bola emas Ballon d'Or juga memberikan hasil yang tidak jauh berbeda. Ronaldo berada di bawah Modric dengan meraih 478 suara sedangkan Messi tetap di posisi kelima dengan 280 suara usai kalah dari Antoine Griezmann serta Mbappe.

Messi dan Ronaldo gagal memenangi dua penghargaan individu utama di tahun ini.Messi dan Ronaldo gagal memenangi dua penghargaan individu utama di tahun ini. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
"Kemilau dari Ronaldo dan Messi belum berakhir, tetapi saat ini ada Mbappe, Griezmann, mungkin [Eden] Hazard dari Chelsea. Banyak pemain membuat sesuatu yang spesial," ujar Matthaeus dikutip dari Sportskeeda.

Bagi Matthaeus, sosok Ronaldo dan Messi sangat penting untuk sepak bola internasional. Persaingan keduanya dalam 10 tahun terakhir memberikan warna tersendiri untuk sepak bola. Kendati demikian Matthaeus juga tidak memungkiri generasi baru sepak bola telah datang.

"Modric bukan sesuatu dari generasi muda, tetapi dia memiliki tim yang sempurna di sekitarnya. Seperti Ronaldo dan Messi, Modric memiliki keuntungan dari timnya, dari kualitas pemain-pemain lainnya," kata Matthaeus.

Matthaeus menilai seorang pemain tidak akan bisa memenangi gelar individu bergengsi seperti Ballon d'Or tanpa bantuan tim. Dengan memiliki tim yang bagus seorang pemain bisa membuat perbedaan dan memenangi Ballon d'Or.

"Messi bermain dengan Barcelona, Ronaldo dan Modric untuk Real Madrid. Hal in membantu banyak mereka menikmati hasil individu ini. Di masa depan, mungkin penghargaan itu akan dimiliki Mbappe, dia pemain yang sangat bagus," ucap ucap mantan pemain Bayern Munchen itu. (sry/bac)