Unai Emery ke Liga Inggris karena David Silva

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 08/12/2018 00:42 WIB
Unai Emery ke Liga Inggris karena David Silva Emery ke Liga Inggris karena David Silva. (Action Images via Reuters/Peter Cziborra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Arsenal Unai Emery mengungkapkan salah satu alasan menukangi tim Liga Primer Inggris. Emery menangani Arsenal di musim ini usai didepak Paris Saint-Germain.

Kontrak Emery tidak diperpanjang setelah dua musim melatih PSG. Tawaran pun datang dari Arsenal yang secara bersamaan ditinggal Arsene Wenger usai mengabdi di klub asal London itu selama 22 tahun.

Hanya saja, ternyata bukan karena kosongnya kursi manajer yang membuat Emery menerima tawaran Arsena. Tetapi juga karena faktor gelandang Manchester City, David Silva.


"Pada akhir musim lalu, saya bertemu David Silva di elevator di Valencia, dan dia berkata: 'Pelatih, jika Anda bisa, Anda seharusnya pergi ke Inggris," kata Emery kepada Radio Cadena Cope dikuti[ dari ESPN.

David Silva ikut bujuk Emery ke Liga Inggris.David Silva ikut bujuk Emery ke Liga Inggris. (Reuters/Carl Recine)
Sejak itu Emery benar-benar memikirkan omongan David Silva. Maklum, Silva bukanlah orang baru bagi Emery. Gelandang timnas Spanyol itu pernah dua musim bekerja sama dengan Emery saat di Valencia sebelum hengkang ke Manchester City pada 2010.

"Saya ingat ketika [kiper Spanyol] Cesar tiba di Valencia setelah satu musim di Tottenham Hotspur. Lalu dia mengatakan kepada saya, bahwa suatu hari nanti saya bisa, saya harus ke Liga Inggris," Emery menuturkan.

Manajer 47 tahun itu akhirnya tidak menyesal pindah ke Inggris. Emery mengaku banyak mendapat dukungan setiap harinya di Stadion Emirates.

Emery dan staf pelatih menikmati kehidupan di Inggris.Emery dan staf pelatih menikmati kehidupan di Inggris. (REUTERS/Edgar Su)
"Mereka sangat menghormati. Staf pelatih sangat senang di sini. Ini liga yang sangat kompetitif. Setiap tim memiliki kualitas yang baik dan saya sangat menikmatinya," ucap Emery.

Hasil imbang 2-2 dengan Manchester United membuat Arsenal berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan tertinggal 10 poin dari Man City.

"Ini sangat sulit," ujar Emery menjawab pertanyaan kemungkinan Arsenal jadi penantang juara bagi Man City.

"Mereka [Man City] memainkan sepak bola yang luar biasa. Mereka membuktikan di Inggris bahwa mereka sangat sulit dikalahkan," Emery menambahkan. (sry/bac)