Tiga Cara Persija Jakarta Juara Liga 1 2018

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 07:51 WIB
Tiga Cara Persija Jakarta Juara Liga 1 2018 Persija Jakarta bisa mengakhiri Liga 1 2018 dengan gelar juara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta berpeluang besar menjadi juara Liga 1 2018 setelah laga lawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (9/12) berakhir. Berikut tiga cara Persija juara di laga nanti.

Persija saat ini ada di puncak klasemen dengan nilai 59 poin. Macan Kemayoran unggul satu angka atas PSM Makassar yang ada di posisi kedua.

Perubahan klasemen ini sendiri baru terjadi di pekan ke-33. Saat itu Persija menang 2-1 atas Bali United sedangkan PSM hanya bermain imbang 0-0 lawan Bhayangkara FC.


Di pekan terakhir, Persija bakal menjamu Mitra Kukar sedangkan PSM akan menghadapi PSMS Medan. Berikut tiga cara Persija bisa jadi juara Liga 1 2018:

1. Menang

Jika Persija berhasil meraih kemenangan atas Mitra Kukar, maka mereka dipastikan akan jadi juara Liga 1 2018 tanpa harus menunggu duel PSM lawan PSMS di Makassar.

Kemenangan dan tambahan tiga poin akan mengantar Persija mengantongi 62 angka, catatan poin yang tak akan mungkin bisa dikejar oleh PSM.

Persija Jakarta bakal mengunci titel juara Liga 1 2018 jika menang atas Mitra Kukar.Persija Jakarta bakal mengunci titel juara Liga 1 2018 jika menang atas Mitra Kukar. (Dok. Persija Jakarta)
2. Seri

Bila Persija Jakarta bermain imbang lawan Mitra Kukar, maka Marko Simic dan kawan-kawan akan mengoleksi 60 poin. Hasil imbang bakal membuat Persija harus berharap pada laga PSM lawan PSMS.

Dengan hasil imbang, Persija harus berharap PSM main imbang lawan PSMS yang membuat nilai PSM hanya menjadi 59 poin, atau berharap PSM kalah yang membuat poin mereka tetap ada di angka 58.


Bila Persija Jakarta meraih hasil imbang atau kalah, maka mereka harus menanti hasil duel PSM lawan PSMS untuk kepastian gelar juara. Bila Persija Jakarta meraih hasil imbang atau kalah, maka mereka harus menanti hasil duel PSM lawan PSMS untuk kepastian gelar juara. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
3. Kalah

Andai Persija Jakarta kalah dari Mitra Kukar, maka Macan Kemayoran juga kembali harus menunggu hasil duel laga PSM Makassar lawan PSMS Medan.

Jika PSM lawan PSMS Medan berakhir imbang, maka Persija dan PSM sama-sama mengoleksi 59 angka. Head to head kedua tim sama kuat. (seri 2-2 baik kandang maupun tandang). Penentuan juara tinggal menunggu selisih gol, saat ini Persija punya selisih gol +16, sedangkan PSM +11. (ptr/jun)