Simon McMenemy Berambisi Jadi Pelatih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 00:41 WIB
Simon McMenemy Berambisi Jadi Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy berambisi latih Timnas Indonesia. (REUTERS/Kham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah masa baktinya berakhir di Bhayangkara FC, Simon McMenemy berambisi untuk menangani Timnas Indonesia.

McMenemy berniat untuk mencari peruntungan baru musim depan meski mengaku berat untuk meninggalkan Bhayangkara FC, klub yang dua tahun terakhir menjadi rumah baginya.

"Sebenarnya sulit untuk meninggalkan lingkungan yang memginginkan kita untuk bertahan. Kami seperti keluarga. Jujur saya sudah melakukan semuanya [untuk Bhayangkara], waktunya untuk wajah baru di Bhayangkara," kata McMenemy setelah membawa Bhayangkara menang 2-0 atas Bali United di Stadion PTIK, Sabtu (8/12).


Tawaran dari klub di Indonesia maupun di luar negeri diakui sudah menghampiri McMenemy. Namun, ia belum memutuskan ke mana langkahnya bakal pergi.

"Belum ada [klub selanjutnya], yang pasti ada tawaran. Selain melatih, saya juga ingin melakukan perubahan di tempat itu dan bisa membawa semangat buat banyak orang. Kalau ada tawaran timnas [Indonesia], saya sangat bangga sekali bisa merepresentasikan semangat orang-orang dan mengubah sepak bolanya," ujar McMenemy yang pernah menangani Timnas Filipina pada 2010.

Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.Simon McMenemy sukses antar Bhayangkara FC juara Liga 1 2017. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Saya tidak bisa sebutkan secara spesifik klub mana saja yang tertarik dengan saya. Kalau beruntung, saya bisa memilih tempat yang lebih nyaman untuk keluarga," sambungnya.

McMenemy menambahkan, selama dua tahun terakhir ia sudah membuktikan diri mampu beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Indonesia. Ia juga terbilang sukses mengorbitkan sejumlah talenta muda.

Jika bisa menukangi Timnas Indonesia, McMenemy tak hanya ingin sekadar melatih. Ia juga berniat untuk mengembangkan kemampuan pemain dari apa yang dimilikinya.

"Saya sangat bangga dikaitkan dengan posisi pelatih di Timnas Indonesia. Dan saya akan sangat bangga sekali jika itu bisa terjadi, karena bisa merepresentasikan negara yang sepak bola menjadi olahraga populer untuk membantu menjadikannya lebih baik lagi," jelasnya.

Bhayangkara FC menempati urutan ketiga di klasemen akhir Liga 1 2018 dengan raihan 53 poin. Ini jadi hasil yang cukup memuaskan buat McMenemy meski musim sebelumnya, The Guardian sukses meraih juara. (TTF/jun)