Persija vs Mitra Kukar, Pengamanan Dilipatgandakan

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 14:07 WIB
Persija vs Mitra Kukar, Pengamanan Dilipatgandakan Laga Persija vs Mitra Kukar di Liga 1 2018, pengamanan dilipatgandakan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah kekuatan pengamanan hingga dua kali lipat lebih pada laga Persija Jakarta vs Mitra Kukar pada laga penentuan juara Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Minggu (9/12) sore.

Dilansir dari Antara, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyebutkan 7.000 personel gabungan akan mengamankan pertandingan terakhir Liga 1 2018 tersebut.

"Jumlah pengamanan sekitar 7.000 an personel gabungan," kata Argo di Jakarta, Minggu (9/12).


Awalnya, Polda Metro Jaya bersama pihak terkait lainnya mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan pertandingan skuat Macan Kemayoran menjamu Naga Mekes itu.

Argo menyebutkan penambahan personel itu karena perkiraan jumlah pendukung Persija atau Jakmania akan membludak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat.

Persija vs Mitra Kukar, Pengamanan Dua Kali Lipat LebihAtmosfer pesta juara Persija Jakarta mula terasa di jalan-jalan DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Pasti penonton membludak jadi kami tambah personel," ujar Argo memberikan alasan.

Aparat keamanan membagi empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah personel, kemudian menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan agar semua bisa berjalan kondusif.

Argo mengimbau Jakmania dapat menjadi contoh penonton yang memiliki etika tinggi dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Artinya dikatakan Argo, Jakmania bisa dicontoh oleh seluruh pencinta sepak bola di daerah lain, memberikan teladan saat memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, serta tidak melakukan kegiatan yang dilarang.

"Misalnya membawa senjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan oleh aturan. Kita semuanya harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Argo memastikan aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter sepakbola saat memasuki kawasan stadion guna menghindari barang berbahaya seperti kembang api dan suar. (Antara/nva)