Dari JakMania untuk Persija: Make It Eleven 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 16:10 WIB
Dari JakMania untuk Persija: Make It Eleven 2018 Koreografi tulisan 'Make It Eleven' terpampang di tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno di laga Persija melawan Mitra Kukar. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koreografi sederhana berupa lambang kepala macan dan tulisan 'Make It Eleven 2018' terbentang hampir di setengah tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta pada laga terakhir Persija di Liga 1 2018 melawan Mitra Kukar, Minggu (9/12).

Koreografi itu memiliki arti mendalam buat Persija maupun Jakmania, sebutan bagi kelompok suporter Persija.

Lambang kepala macan menandakan Macan Kemayoran, ikon Persija, sementara kalimat 'Make It Eleven' adalah seruan bagi Persija untuk meraih gelar juara yang ke-11 sepanjang sejarah.

Laga kandang terakhir Persija melawan Mitra Kukar kali ini memang menjadi penentu gelar juara kompetisi Liga 1. Persija masih berada di puncak klasemen dengan 59 poin, selisih satu poin dari PSM Makassar yang membutut di belakangnya.


Kemenangan atas Mitra Kukar akan otomatis membuat Persija merebut gelar juara ke-11 sepanjang sejarah. Sejauh ini, Persija pernah sembilan kali jadi juara di era perserikatan semetara satu gelar lainnya diraih di era profesional atau ketika kompetisi perserikatan dan galatama (Liga Indonesia) digabungkan.

Gelar juara Liga Indonesia diraih Persija pada 2001 silam sehingga kemenangan atas Mitra Kukar akan membuat Persija menghapus dahaga gelar juara liga yang telah berlangsung 17 tahun.

Musim ini tim Ibukota ini juga sudah meraih dua gelar juara; Piala Presiden dan BoostSportsFix SuperCup 2018 di Malaysia.
(TTF/vws)