Persija Jakarta Unggul 1-0 atas Mitra Kukar di Babak Pertama

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 16:20 WIB
Persija Jakarta Unggul 1-0 atas Mitra Kukar di Babak Pertama Marko Simic membawa Persija ungguli Mitra Kukar pada babak pertama. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta membukukan keunggulan 1-0 atas Mitra Kukar dalam laga pekan ke-34 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12), sehingga memperbesar kans menjadi juara di Liga 1 2018.

Tim tuan rumah mengawali laga dengan agresif. Formasi 4-3-3 yang ditampilkan Persija langsung kentara ditujukan untuk mencetak gol pada menit-menit awal. Sisi kiri yang dihuni Rezaldi Hehanusa dan Novri Setiawan serta sisi kanan yang ditempati Ismed Sofyan dan Riko Simanjuntak membuat pertahanan Mitra Kukar harus langsung berkonsentrasi sejak awal.
Renan Silva dan Rohit Chand yang menyokong serangan Persija di lini tengah juga tampil cukup aktif sehingga membuat bola-bola liar di lini kedua tidak dapat dikuasai pemain-pemain tim tamu.

Sempat mengurung pertahanan Mitra Kukar hingga menit ketujuh, Persija tidak mampu leluasa menciptakan peluang karena permainan rapat dan solid yang diperagakan anak asuh Rahmad Darmawan.

Pada menit ke-12 justru Fernando Rodriguez memiliki peluang di depan gawang, namun pemain asal Spanyol itu tidak mampu menyelesaikan umpan dari Hendra Adi Bayauw.


Memasuki menit ke-15, Persija mendapat penalti setelah wasit Prasetyo Hadi menunjuk titik putih. Wasit asal Jawa Timur itu menilai Saepuloh Maulana melanggar Marko Simic yang terjatuh. Penyerang asal Kroasia itu menjadi eksekutor tendangan 12 pas yang mampu membobol gawang Yoo Jaehoon.

Marko Simic mencetak gol keempat ke gawang Mitra Kukar pada tahun 2018.Marko Simic mencetak gol keempat ke gawang Mitra Kukar pada tahun 2018. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Setelah unggul 1-0, Persija kembali memiliki peluang melalui Simic yang berupaya menggapai bola tendangan bebas dari Ismed Sofyan pada menit ke-22.

Intensitas laga tetap terjaga karena tim tamu tidak menyerah untuk mengejar ketertinggalan. Serangan balik memanfaatkan dua atau tiga pemain menjadi satu-satunya cara bagi Naga Mekes untuk mencuri kesempatan.

Menit ke-34 Rohit Chand hampir menggandakan keunggulan Persija andai saja tembakan dari sisi kanan di dalam kotak penalti tidak mengenai tiang jauh.

Renan da Silva juga turut mengancam gawang Mitra Kukar lewat tembakan dari luar kotak penalti yang masih mampu ditepis Yoo Jaehoon pada menit ke-38. Semenit berselang pemain Mitra Kukar berhasil menyapu bola di depan gawang sehingga menghindarkan gol kedua tercipta ke gawang yang dikawal Jaehoon.

Skor 1-0 untuk Persija bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit menandai tiba waktu turun minum.

Susunan pemain inti Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa; Rohit Chand, Sandi Sute, Renan da Silva, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Susunan pemain inti Mitra Kukar:
Yoo Jaehoon; Saepuloh Maulana, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Wiganda Pradika; Septian David Maulana, Luthfi Kamal Baharsyah, Anindito Wahyu, Hendra Bayauw, Fernando Ortega, Dedy Hartono. (nva/bac)