Aura Persija Juara Terasa Pula di Kecamatan dan Kelurahan

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 17:57 WIB
Aura Persija Juara Terasa Pula di Kecamatan dan Kelurahan Nobar laga Liga 1 2018 antara Persija dan Mitra Kukar berlangsung di kantor pemerintahan. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta juara tampaknya begitu terasa menjadi pesta hampir seluruh lapisan masyarakat di ibu kota. Setidaknya demikian yang begitu terasa pula di sejumlah kantor kelurahan dan kecamatan di DKI Jakarta.

Berpiring-piring kacang kulit dan air jahe hangat melengkapi acara nonton bareng  di Kantor Lurah Kebon Kacang, Jakarta Pusat saat Macan Kemayoran mengalahkan Mitra Kukar 2-1. Sajian tersebut menemani semangat warga untuk mendukung Macan Kemayoran meraih kemenangan sekaligus memastikan gelar juara Liga 1 2018.

Acara nonton bareng di Kantor Lurah Kebon Kacang ini tidak hanya dihadiri oleh warga setempat tapi juga oleh warga dari wilayah Jakarta lain yang kehabisan tiket menonton di stadion.
Yusuf (19) adalah salah satu yang menonton di Kebon Kacang. Bersama dua kawannya, dia memilih menonton di sana karena gratis dan memakai layar lebar.

"Lumayan kan setidaknya bisa seru-seruan bareng, apalagi tempatnya adem," ujar Yusuf.


Tempat nobar yang dipakai di Kantor Lurah Kebon Kacang ini memakai ruang aula di lantai tiga. Di tempat ini sekitar 30-an orang berkumpul untuk bersorak-sorai mendukung permainan Ismed Sofyan dan kawan-kawan.
Suasana nonton bareng pertandingan Persija Jakarta vs Mitra Kukar di Kantor Lurah Kebon Kacang. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Acara nobar tak hanya di Kebon Kacang ini, antusiasme serupa juga ditemukan di Kantor Lurah Manggarai. Sama seperti di Kebon Kacang, rombongan warga yang menonton di sana ditemani oleh gorengan dan teh hangat. Semua tersedia secara gratis.

Acara nobar terasa lebih matang di Kantor Camat Jagakarsa. Wawan, petugas Satpol PP yang berjaga di sana, mengatakan penonton tak hanya disuguhi makanan ringan, tapi juga disediakan doorprize.

"Ada sedang disiapkan, tapi kita juga belum tahu apa aja hadiahnya," ujar Wawan.
Spanduk dukungan untuk Persija  Jakarta di daerah Jagakarsa. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Semarak nobar Persija versus Mitra Kukar di setiap kantor lurah dan camat di seluruh Jakarta ini sesuai dengan perintah Gubernur Anies Baswedan. Anies berkata setidaknya ada 311 titik nobar dengan memanfaatkan fasilitas kantor lurah dan camat.

Keputusan itu dibuat Anies untuk menampung antusiasme warga Jakarta menyambut laga pamungkas Liga 1 2018 antara Persija dan Mitra Kukar. Jika menang dalam laga ini, Persija bakal memperoleh gelar juara liga sejak terakhir kali pada 2001 silam.
Selain itu, menurut Anies, penyelenggaran nobar tersebut diharapkan juga mengurangi potensi kemacetan di jalan-jalan Jakarta.

"Nobar di banyak lokasi justru untuk mengurangi potensi kemacetan," ucap Anies.

Di samping gelaran nobar di kantor lurah dan camat, tak sedikit warga yang menggelar acara nobar secara mandiri meski peralatan yang dipakai cukup seadanya. Spanduk-spanduk menyambut kemenangan Persija pun tak sulit ditemukan di tiap sudut kota. (nva/bac)