Solari Respons Ucapan Ronaldo yang Menyindir Madrid

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 19:58 WIB
Solari Respons Ucapan Ronaldo yang Menyindir Madrid Santiago Solari bereaksi atas komentar Cristiano Ronaldo mengenai suasana tim Real Madrid. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Real Madrid Santiago Hernan Solari merespons ucapan megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo yang menyebut Real Madrid tidak memiliki rasa kekeluargaan.

Solari langsung bereaksi setelah Ronaldo membandingkan kehidupan di Juventus dan Madrid dengan menyebut klub ibu kota Spanyol itu tidak lebih baik ketimbang Juventus. Pemain yang pernah meraih empat gelar Liga Champions di El Real mengatakan situasi tim di Juventus lebih baik dan lebih terasa kekeluargaan dan mengedepankan rasa kebersamaan.

"Kerendahan hati adalah kebajikan besar dan skuat Eeal Madrid sungguh hebat dan rendah hati," kara Solari dalam konferensi pers jelang pertandingan Liga Champions antara Real Madird dan CSKA Moskow seperti dilansir Marca.


"Cristiano adalah sejarah hidup Real Madrid dan apa yang dirasakannya adalah hal yang pribadi," sambung pelatih yang menggantikan Julen Lopetegui ketika musim 2018/2019 masih berada di awal musim.

Cristiano Ronaldo mengatakan suasana kekeluargaan di Juventus lebih terasa dibanding di Real Madrid.Cristiano Ronaldo mengatakan suasana kekeluargaan di Juventus lebih terasa dibanding di Real Madrid. (REUTERS/Alberto Lingria)
Solari dan Ronaldo adalah dua sosok yang sama-sama berada di Madrid dalam waktu lama, namun keduanya tidak pernah bersinggungan secara langsung. Ronaldo sudah berada di Madrid sejak 2009, sementara Solari pernah bermain untuk Los Blancos pada 2000 hingga 2005 dan kemudian menjadi tim pelatih di tim muda Real Madrid pada 2013 hingga 2018.

Pada sebuah wawancara eksklusif dengan Tuttosport, Ronaldo menyebut dengan jelas bahwa Juventus adalah tim terbaik yang pernah dibelanya.

"Tidak tepat menyebutkan nama secara spesifik tapi saya dapat katakan ini adalah kelompok terbaik di mana saya pernah bergabung. Di sini, kami adalah sebuah skuat, di tempat lain, beberapa pemain merasa lebih besar dari yang lainnya. Sementara di sini semuanya berada dalam satu level, mereka rendah hati dan ingin menang."

"Jika [Paulo] Dybala atau [Mario] Mandzukic tidak mencetak gol, mereka masih tetap senang dan Anda melihat mereka tersenyum. Bagi saya, merasakan perbedaan itu indah. Pemain di Madrid juga rendah hati, tapi di sini saya lebih merasakannya. Sangat berbeda dengan di Madrid, di sini kami lebih seperti keluarga," kata Ronaldo. (nva/nva)