Tim Inggris Singkirkan Wakil Italia di Liga Champions

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 12:59 WIB
Tim Inggris Singkirkan Wakil Italia di Liga Champions Liverpool gagalkan ambisi Napoli ke babak gugur Liga Champions. (REUTERS/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua tim Inggris sukses menyingkirkan klub-klub asal Italia di fase grup Liga Champions 2018/2019 usai matchday keenam yang digelar Selasa (11/12) malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Sebanyak empat wakil Inggris di putaran final Liga Champions musim ini seluruhnya memastikan melaju ke babak 16 besar. Sementara, dengan jumlah yang sama Italia hanya bisa meloloskan dua wakilnya.

Dari keempat wakil asal Inggris dan Italia itu, tiga di antaranya saling bertemu di babak grup. Di Grup B Tottenham Hotspur bersaing dengan Inter Milan, di Grup C giliran Liverpool yang bertemu Napoli, sedangkan di Grup H Manchester United dengan Juventus. Sementara satu tim lain dari Inggris dan Italia berada di Grup F (Manchester City) dan Grup G (AS Roma).


Persaingan ketiga klub asal Inggris dan Italia di tiga grup yang sama memakan korban, khususnya dari tim asal Negeri Piza. Inter dan Napoli kalah bersaing dengan Tottenham serta Liverpool.

Di Grup B, Inter Milan gagal lolos ke 16 besar karena kalah produktivitas gol tandang dari Tottenham. Hal itu menjadi aspek penentu lantaran Inter dan Tottenham memiliki nilai yang sama, 8 poin.

Hasil imbang 1-1 Tottenham dengan Barcelona membuat Inter gagal ke -16 besar.Hasil imbang 1-1 Tottenham dengan Barcelona membuat Inter gagal ke -16 besar. (Action Images via Reuters/Paul Childs)
Di pertandingan terakhir Inter Milan ditahan imbang PSV Eindhoven di Stadion Giuseppe Meazza. Hasrat Inter ke babak gugur Liga Champions sirna setelah Lucas Moura membobol gawang Barcelona pada menit ke-85 yang membuat skor imbang 1-1.

Di Grup C Liverpool dan Napoli terlibat persaingan langsung dalam perebutan tiket ke-16 karena bertemu di Anfield di matchday keenam. Sebelum pertandingan Napoli berada di puncak klasemen dengan koleksi 9 poin, disusul Paris Saint-Germain (8 poin) dan Liverpool (6 poin).

Man United dan Juventus merupakan wakil Inggris serta Italia yang sama-sama lolos ke 16 besar dari Grup H.Man United dan Juventus merupakan wakil Inggris serta Italia yang sama-sama lolos ke 16 besar dari Grup H. (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
The Reds perlu mengalahkan Napoli untuk melangkah ke babak berikutnya. Beruntung bagi tim asuhan Juergen Klopp itu memiliki Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir tersebut menjadi bintang Liverpool setelah golnya pada menit ke-34 membobol gawang David Ospina.

Saat Tottenham dan Liverpool menyingkirkan Inter serta Napoli, Man United justru beriringan dengan Juventus menjadi wakil dari Grup H di 16 besar. Juventus sempat mengalahkan Man United 1-0 di old Trafford, namun dibalas Setan Merah dengan kemenangan 2-1 di Allianz.

Man City dan Roma yang berada di grup berbeda juga sudah memastikan lolos ke 16 besar. Man City berpeluang menjadi juara Grup F sementara Roma dipastikan sebagai runner-up Grup G di bawah Real Madrid.

Klub asal Italia dan Inggris yang lolos ke 16 besar Liga Champions 2018/2019:

Italia:
Juventus
AS Roma

Inggris:
Manchester United
Manchester City
Tottenham Hotspur
Napoli (sry/ptr)