Analisis

Liga Champions yang Seru Tanpa Kejutan

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 11:33 WIB
Liga Champions yang Seru Tanpa Kejutan Real Madrid vs Manchester United bisa terjadi di babak 16 besar Liga Champions musim ini. (REUTERS/Andrew Innerarity)
Jakarta, CNN Indonesia -- Babak gugur Liga Champions Eropa 2018/2019 dipastikan akan berlangsung menarik setelah tidak ada kejutan yang berarti hingga berakhirnya fase grup, Kamis (13/12) dini hari WIB.

Sebanyak 16 tiket babak gugur Liga Champions sudah dipastikan. Klub asal Perancis, Olympique Lyon, menjadi tim terakhir yang memastikan tiket dari Grup F setelah bermain imbang 1-1 melawan Shakhtar Donetsk di Kiev.

Kejutan biasanya menjadi bumbu spesial dan membuat sepak bola menjadi lebih menarik. Tapi, tanpa kejutan di babak grup Liga Champions musim ini justru membuat babak gugur turnamen klub kasta tertinggi di Eropa itu menjadi lebih seru dan menarik.


Melihat 16 klub yang sudah memastikan lolos ke babak gugur, paruh kedua Liga Champions musim ini dipastikan akan berlangsung menarik karena tidak adanya kejutan. Pasalnya, tim-tim besar berhasil memenuhi prediksi yang sejak awal dibuat.

Menjadi runner-up Grup H membuat Manchester United akan mendapat lawan berat di fase gugur.Menjadi runner-up Grup H membuat Manchester United akan mendapat lawan berat di fase gugur. (REUTERS/Peter Cziborra)
Tidak ada tim besar yang gagal lolos dari fase grup. Sebuah kondisi yang membuat fase gugur Liga Champions yang dimulai 12-13 Februari 2019 akan berlangsung menarik.

Di Grup A ada Borussia Dortmund dan Atletico Madrid, Grup B ada Barcelona dan Tottenham Hotspur yang lolos, Grup C ada Paris Saint-Germain dan Liverpool, Grup D ada FC Porto dan Schalke 04, Grup F Manchester City dan Lyon, Grup G ada Real Madrid dan AS Roma, sementara di Grup H ada Juventus serta Manchester United.

Di antara klub-klub yang gagal ke babak 16 besar, mungkin hanya Inter Milan dan Napoli sebagai dua tim besar yang tidak lolos. Itu pun dikarenakan kalah bersaing dengan tim besar lainnya di grup masing-masing.

Inter Milan gagal bersaing dengan Tottenham Hotspur di Grup B. La Beneamata terbilang sial setelah pada laga terakhir ditahan imbang PSV Eindhoven 1-1, sementara Tottenham berhasil menahan Barcelona 1-1. Inter akhirnya kalah head-to-head dari Tottenham.

Sementara Napoli juga terbilang tidak beruntung. Sempat memimpin klasemen dan tidak terkalahkan Grup C hingga jelang laga terakhir, Napoli harus finis di posisi ketiga setelah kalah 0-1 dari Liverpool di laga terakhir. Napoli kalah produktivitas gol dari Liverpool.

Undian fase gugur Liga Champions akan berlangsung di Nyon, Swiss, Senin (17/12).Undian fase gugur Liga Champions akan berlangsung di Nyon, Swiss, Senin (17/12). (Reuters / Stefan Wermuth)
Hampir seluruh 16 tim yang lolos ke fase gugur merupakan klub yang biasa tampil di babak knock-out Liga Champions dalam dua dekade terakhir. Mungkin hanya Tottenham Hotspur yang baru belakangan ini berhasil tampil di Liga Champions.

Melihat tim-tim yang berhasil lolos, maka pecinta Liga Champions berpeluang menyaksikan laga Juventus vs Liverpool, Real Madrid vs Manchester United, Barcelona vs Manchester United, atau Liverpool bertemu kedua raksasa Spanyol tersebut di babak 16 besar.

Laga sengit Bayern Munchen vs Atletico Madrid atau PSG vs Manchester United juga bisa terjadinya. Semuanya akan terjawab pada undian babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Nyon, Swiss, Senin (17/12).

Daftar tim yang lolos 16 besar Liga Champions:

Grup A: Dortmund, Atletico Madrid
Grup B: Barcelona, Tottenham Hotspur
Grup C: PSG, Liverpool
Grup D: FC Porto, Schalke 04
Grup E: Bayern Munchen, Ajax Amsterdam
Grup F: Manchester City, Lyon
Grup G: Real Madrid, AS Roma
Grup H: Juventus, Manchester United

*Nama klub di depan merupakan juara grup.

(har/sry)