Statistik Mencengangkan di Fase Grup Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 13:06 WIB
Statistik Mencengangkan di Fase Grup Liga Champions Toni Kroos memiliki akurasi umpan terbaik di fase grup Liga Champions. (REUTERS/Tatyana Makeyeva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fase grup Liga Champions 2018/2019 telah usai, Kamis (13/11). Berikut ini sejumlah statistik mencengangkan mulai dari top skor, pencipta assist terbanyak, hingga pemain yang menerima kartu terbanyak.

Sebanyak 16 tim sudah memastikan langkah ke babak knock-out Liga Champions. Di antara 16 klub tersebut, FC Porto menjadi klub dengan torehan kemenangan terbanyak di babak grup. Klub asal Portugal itu meraih lima kemenangan dan hanya satu kali imbang melawan Schalke 04.

Sementara klub dengan penampilan terburuk jatuh kepada AEK Athens. Berada dalam Grup E, bersama Bayern Munchen, Ajax, dan Benfica, AEK gagal mengoleksi satu kemenangan pun dengan catatan enam kekalahan.


Paris Saint-German menjadi klub dengan koleksi gol terbanyak. Les Parisiens mengoleksi 17 gol dari enam pertandingan, unggul atas Manchester City yang mencetak 16 gol. PSG juga memiliki catatan tembakan tepat sasaran terbanyak, dengan koleksi 48 tembakan.

Robert Lewandowski untuk sementara menjadi top skor Liga Champions.Robert Lewandowski untuk sementara menjadi top skor Liga Champions. (REUTERS/Toussaint Kluiters)
Bintang PSG, Neymar, menjadi pemain dengan catatan tembakan tepat sasaran terbanyak. Neymar mengoleksi 16 tembakan tepat sasaran dari enam penampilan.

Mesin Gol

Bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski, untuk sementara menjadi top skor dengan catatan delapan gol dari enam penampilan. Di posisi kedua ada Lionel Messi dengan catatan enam gol dari empat penampilan bersama Barcelona.

Winger Machester City Riyad Mahrez dan pemain Valencia Carlos Soler berada di puncak daftar pencipta assist terbanyak. Kedua pemain sama-sama mengoleksi empat assist.

Statistik Mencengangkan Fase Grup Liga ChampionsYoung Boys menjadi klub dengan jumlah pelanggaran terbanyak. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Sementara pemain dengan akurasi umpan terbaik adalah gelandang Real Madrid Toni Kroos. Pemain internasional Jerman itu memiliki catatan 522 operan sukses dari 558 usaha, atau 94 persen akurasi umpan.

Lebih lanjut kartu kuning terbanyak dikoleksi oleh pemain Young Boys, Mohamed Ali Camara, dengan catatan empat kartu kuning dan satu kartu merah dari enam pelanggaran. Tak hanya kartu kuning, klub Young Boys juga mengoleksi pelanggaran terbanyak, yakni 109 pelanggaran, 16 kartu kuning, dan dua kartu merah.

Babak grup Liga Champions 2018/2019 telah memainkan 96 pertandingan. Hingga saat ini, telah tercipta total gol sebanyak 275. Rataan gol terbanyak tercipta pada menit ke-61 hingga 75' dengan catatan 48 gol.

Statistik Fase Grup Liga Champions 2018/2019:

Top Skor: Robert Lewandowski / Bayern Munchen (8)
Top Assist: Riyad Mahrez / Manchester City (4)
Clean Sheet: Roman Burki / Borussia Dortmund (4)
Kebobolan Terbanyak: Milan Borjan / Red Star (17)
Operan Terbanyak: Toni Kross / Real Madrid (522 operan sukses)
On Target Terbanyak: Neymar / Paris Saint-Germain (16)
Pelanggaran Terbanyak: Denzel Dumfriez / PSV (18)
Kartu Terbanyak: Mohamed Ali Camara / Young Boys (4 kartu kuning dan 1 kartu merah)

Klub dengan kemenangan terbanyak: FC Porto (5 menang)
Klub dengan kekalahan terbanyak: AEK Athens (6 kalah)
Klub dengan gol terbanyak: Paris Saint-German (17 gol)
Klub dengan kebobolan terbanyak: Red Star Belgrade (17 gol) (dre/bac)