Pawai Juara Persija Jakarta Bakal Diikuti 100 Ribu Jakmania

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 17:03 WIB
Pawai Juara Persija Jakarta Bakal Diikuti 100 Ribu Jakmania Persija Jakarta jadi juara Indonesia sejak terakhir kali melakukannya pada 2001. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Pengurus Pusat The Jakmania Diky Sumarmo menyebut estimasi jumlah suporter yang mengikuti pawai juara Liga 1 2018 Persija Jakarta dari Senayan ke Balai Kota, Sabtu (15/12) bakal mencapai 100 ribu.

Diky memprediksi jumlah Jakmania yang bakal ikut pawai juara akan jauh lebih besar dibandingkan saat pawai juara Piala Presiden. Suporter bakal melakukan iring-iringan konvoi bersama para pemain Persija yang baru saja memastikan titel gelar juara Liga 1 2018 pekan lalu mulai dari Senayan menuju Balai Kota sejauh delapan kilometer.

"Jumlah estimasi kami belum terbayang berapa banyak yamg bakal hadir. Mungkin bisa 2-3 kali lipat dari yang ikut konvoi waktu Piala Presiden karena konvoi ini jatuhnya di hari Sabtu dan persiapannya panjang pasti informasinya sudah menyebar. Kedua, juara ini levelnya beda dari Piala Presiden, jadi situasinya bakal lebih meriah."


"Sekitar 80-100 ribu Jakmania yang kemungkinan bakal hadir besok," kata Diky melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Jumat (14/12).

PP Jakmania sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan terkait pawai tersebut. Diky mengatakan koordinasi yang dilakukannya hampir sama seperti ketika pertandingan.

"Koordinasi tentang hal yang boleh dan yang tidak boleh itu sudah disampaikan melalui forum pengurus yang disampaikan ke korwil dan diteruskan ke sub korwil lalu menyampaikan ke anggotanya masing-masing," ujarnya.
Bus yang akan digunakan pemain Persija Jakarta saat pawai juara Liga 1 2018, Sabtu (15/12).Bus yang akan digunakan pemain Persija Jakarta saat pawai juara Liga 1 2018, Sabtu (15/12). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Sejauh ini Persija hanya menginformasikan bahwa hanya akan ada konvoi pawai juara untuk penyerahan trofi juara ke Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota. Namun, Diky tidak tahu jika saat penyelenggaraan bakal ada agenda lain atau kejutan yang diberikan Gubernur di Balai Kota.

"Mengatur puluhan sampai ratusan ribu orang kan tidak mudah, yang bisa kami lakukan adalah mengimbau teman-teman Jakmania menjaga bareng-bareng [fasilitas umum], ketika kita melihat ada tindakan yang salah tolong di tegur, tolong dikasih tahu, dilarang," ungkap Diky.

Jakmania yang bakal mengikuti konvoi diharap menggunakan atribut Persija. Tak hanya itu, Jakmania juga diminta untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama konvoi berlangsung.

"Terpenting jaga ketertiban, keamanan, patuhi rambu lau lintas, yang bawa motor pakai helm. Imbauan ini kami sadar dan kami terus sampaikan ke teman-teman Jakmania,"
Ada 100 ribu Jakmania yang mungkin hadir pada pawai juara Persija Jakarta.Ada 100 ribu Jakmania yang mungkin hadir pada pawai juara Persija Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Rencananya, tiga tim Persija bakal ikut terlibat dalam pawai juara kali ini. Ketiganya adalah tim senior yang meraih gelar juara Liga 1 2018, Persija U-19 yang menjadi runner up di Liga 1 U-19 2018 serta Persija U-16 yang menempati peringkat ketiga di Elite Pro Academy U-16. (TTF/ptr)