Bocah 10 Tahun Jalan Kaki 8 Kilometer Demi Persija Jakarta

CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 10:47 WIB
Bocah 10 Tahun Jalan Kaki 8 Kilometer Demi Persija Jakarta Seorang bocah berusia 10 tahun rela berjalan kaki 8 kilometer demi mengikuti pawai perayaan kemenangan Persija dalam Liga 1 pada Sabtu (15/12). (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raut wajah bahagia terpancar dalam setiap wajah The Jak Mania, sebutan untuk mereka yang secara resmi mendukung klub Persija Jakarta, dalam pawai juara Liga 1.

Zaki Budiman adalah salah satu dari puluhan ribu pendukung Persija yang turut memeriahkan pawai tersebut. Bocah sekolah dasar berusia 10 tahun ini berniat jalan kaki dari tempat tinggalnya di Kemanggisan bersama enam orang temannya menuju Balaikota.

Semua mereka lakukan demi Persija.


"Sudah diizinkan orang tua, pulang dari Balai Kota seselesainya saja. Asal tidak terlalu malam," kata Zaki kepada CNNIndonesia.com di pinggir Jalan Jenderal Sudirman pada Sabtu (15/12) pagi.
Setelah berjalan lima kilometer selama kurang lebih satu jam, Zaki dan kawan-kawan berteduh sejenak di pinggir jalan Jenderal Sudirman. Meski lelah, mereka tetap tampak ceria dan semangat berjalan kaki.

"Ini baru pertama kali ikut pawai seperti ini. Senang sekali Persija juara. Harapannya, Persija selalu menang musim depan," ucap Zaki malu-malu.

Pemain Persija jagoan Zaki adalah Ramdani Lestaluhu. Selain itu, ia juga suka sang kapten, yakni Ismed Sofyan.

"Suka Ismed karena dia jago umpan," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Senada dengan Zaki, Nadil Akmal pun senang bisa turut merayakan momen langka Persija. Pasalnya, terakhir kali tim berjulukan Macan Kemayoran ini juara adalah pada 2001.

Persija juara Liga 1 2018 usai mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada akhir pekan lalu (9/12).

Dua gol Persija dicetak penyerang Marko Simic (17',59'), sedangkan satu-satunya gol dari tim tandang dicatat Aldino Herdianto (88').

"Hari Sabtu sekolah libur. Kami berangkat dari rumah jam delapan pagi. Lumayan capek tapi insya Allah lanjut jalan sampai Balai Kota. Tetap semangat untuk Persija," ujar Nadil yang dua tahun lebih tua dari Zaki. (map/has)