Tuntutan Stadion BMW Menggema di Pawai Juara Persija

CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 16:54 WIB
Tuntutan Stadion BMW Menggema di Pawai Juara Persija Anies Baswedan janji bangun Stadion BMW di awal 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tuntutan pembangunan stadion dari The Jakmania menggema di sela-sela pawai juara Persija Jakarta yang berujung di Balai Kota DKI, Jakarta, Sabtu (15/12).

Para suporter Persija yang dikenal sebagai The Jakmania dengan lantang menuntut pembangunan stadion yang memang jadi janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Chant The Jakmania terkait stadion jadi nyanyian yang paling sering digaungkan saat pawai. "Stadion..Stadion..Stadion..," ucap para suporter yang turut pawai menggunakan sepeda motor.


Anies berhenti dan berdiri di atas atap mobil Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Anies terlihat mencoba mengatur jalan pawai sambil menggerakkan tangannya. Namun disambut kembali dengan nyanyian stadion.

"Stadion mana.. stadion mana.. stadion mana," teriak para suporter.

Anies pun memberikan penjelasan kepada suporter bahwa Pemprov DKI sudah menyiapkan anggaran dan akan mulai dibangun pada awal tahun depan.

Pawai Persija Jakarta dari Senayan ke Balai Kota DKI Jakarta.Pawai Persija Jakarta dari Senayan ke Balai Kota DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
"Alhamdulillah proses penyiapan anggaran babak awal finalisasi anggaran. Insya Allah tahun depan sudah bisa ground breaking," kata Anies di kawasan Sarinah.

"Mereka selalu mengingatkan tentang stadion, tapi mereka ini tahu persis bahwa ada prosesnya (berjalan)," jelas dia.

Anies mengingatkan bahwa pembangunan Stadion bukan hanya kerja satu orang. Banyak pihak yang memang dilibatkan untuk mewujudkan pembangunan Stadion.

"Kita berjuang sama-sama untuk mendapatkan lokasi di Persija. Dan ini bukan kerja satu dua orang, justru jajaran semua, bukan hanya Anies," tegas dia.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan pembangunan bakal dilakukan pada awal tahun 2019. Pemprov DKI juga telah menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai BUMD yang bertugas untuk melaksanakan pembangunan Stadion BMW.

Stadion BMW direncanakan dibangun selama tiga tahun, yakni 2019-2021. Tahun pertama, Jakpro berencana membangun gedung stadion utama di atas lahan 15 hektare. Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta menganggarkan pembangunan Stadion BMW menjadi sebesar Rp900 miliar. (ctr/jun)